KEBAKARAN DI MAKKAH1.028 JAMAAH DIEVAKUASI

(Foto: Saudi Gazette)
(Foto: Saudi Gazette)

, 4 Dzulhijjah 1436/18 September 2015 (MINA) – melaporkan, ada 1.028 anggota jamaah haji asal Asia yang dievakuasi dari hotel pasca terjadi kebakaran yang menyebabkan dua orang terluka, Kamis (17/9) waktu setempat.

Sementara Kolonel Abdullah Al-Orabi Al-Harthi, juru bicara Pasukan Pertahanan Sipil yang ditugaskan untuk bekerja selama haji mengatakan, dua jamaah haji mengalami luka bakar ringan akibat insiden itu.

“Info yang kami terima, api pertama kali dilaporkan pada 00:30, Kamis,” kata Abdullah. Dia mengatakan, pihaknya berusaha untuk menyelamatkan dua anggota jamaah haji yang mengalami luka bakar di lantai 8 hotel, demikian Saudi Gazette dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Selain kebakaran, terjadi musibah pada musim haji tahun ini, yakni robohnya crane yang menyebabkan 107 anggota jamaah haji meninggal dunia dan beberapa di antaranya berasal dari Asia.

Peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram, Jum’at (11/9) sore, itu terjadi akibat hujan lebat, angin kencang dan topan pasir dahsyat yang melanda kota suci Makkah.

Akibat musibah itu, sedikitnya 111 calon jama’ah haji (calhaj) dari berbagai negara, termasuk 11 orang calhaj asal Indonesia, meninggal dunia. Adapun 283 calhaj lainnya mengalami luka-luka, baik luka ringan maupun luka berat, termasuk 420 orang calhaj asal Indonesia.

Lebih dari satu juta anggota jamaah haji telah tiba di Mekkah pada musim haji tahun ini.

Ibadah haji merupakan ritual tahunan terbesar di dunia. Naik haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dilaksanakan oleh Muslim yang mampu. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0