Kelompok Oposisi Iran Gelar KTT Global Iran Merdeka

Maryam Rajavi, Ketua Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI), kelompok oposisi Iran yang berbasis di luar negeri. (Foto: AFP)

London, MINA – Kelompok yang berbasis di luar negaranya, mengadakan “” secara virtual yang dihadiri oleh ribuan audiens.

“Pasukan yang mampu menggulingkan rezim bersembunyi di jantung kota-kota Iran. Dari semua indikasi, teokrasi yang berkuasa pada titik digulingkan,” kata , Ketua Dewan Nasional Perlawanan Iran () dalam KTT yang mulai dilaksanakan sejak Jumat pekan lalu, 17 Juli dan dipublikasikan Arab News pada Sabtu (25/7).

Rajavi yang merupakan mantan komandan militan mengatakan, lima tahun lalu, deklarasi ini terdengar seperti retorika kosong dari kelompok pinggiran. Sekarang, dua tahun setelah upaya Teheran yang gagal untuk mengebom rapat umum NCRI di Paris, NCRI tidak seperti ancaman kosong, tetapi lebih seperti janji.

Pendukung NCRI di Paris memprotes peringatan 40 tahun Revolusi Islam Iran, 8 Februari 2019. (Foto: AFP)

NCRI adalah kelompok payung yang mencakup spektrum luas kelompok yang menentang rezim Iran, sering digambarkan sebagai pemerintah negara yang menunggu tumbangnya pemerintah sekarang.

Dengan pemimpin karismatiknya di pucuk pimpinan dan ribuan pendukung di Iran, Barat dan negara Arab, NCRI semakin diakui sebagai alternatif yang sah dan progresif bagi pemimpin tertinggi dan kelompok yang saat ini berkuasa.

NCRI, juga dikenal sebagai Mojahedin-e Khalq (MEK) dalam bahasa Persia, memiliki tiga tujuan untuk Iran, yaitu runtuhnya rezim ulama, hak pilih universal dan kedaulatan rakyat, serta kebebasan dan keadilan sosial.

Keabsahannya yang membengkak, dan alternatif kredibel yang dihadirkannya untuk masa depan Iran, tidak luput dari perhatian di kalangan perusahaan politik dan keamanan di Barat.

Salah satu pendukung lama NCRI dan menjadi pembicara dalam  KTT Global Iran Merdeka 2020 adalah Tom Ridge, yang merupakan Asisten Presiden untuk Keamanan Dalam Negeri AS 2001-2003.

Dia adalah mantan gubernur Pennsylvania dan advokat yang blak-blakan mendukung Iran “bebas dari tirani.”

Ridge berbicara dengan Arab News selama KTT dan menjelaskan dukungannya yang sudah berjalan lama untuk NCRI, terlepas dari penunjukannya oleh AS sebagai organisasi teroris hingga 2012. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.