Kemarau Berkepanjangan, Pemkot Bekasi Gelar Shalat Istisqa

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar shalat istisqa (memohon hujan) bersama pemuka agama dan warga di halaman Plaza Kota Bekasi, Kamis, 2 November 2023. (Foto: Pemkot Bekasi).

Kota Bekasi, MINA – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar shalat istisqa (memohon hujan) bersama pemuka agama dan warga, yang dipimpin oleh Ustaz Ahmad Nasihin Baseban di halaman Plaza Kota Bekasi, Kamis (2/11).

Sudah lebih dari enam bulan Kota Bekasi tidak kunjung diguyur hujan. Kemarau berkepanjangan menyebabkan terjadinya kekeringan air di beberapa wilayah, khususnya di Kota Bekasi.

Selain berdampak kekeringan, kemarau panjang ini juga menyebabkan lahan-lahan pertanian menjadi tandus, berimbas pada pasokan bahan dapur seperti cabai, bawang merah dan beberapa sayuran lainnya.

Sukandar Ghozali selaku Wakil Ketua Umum MUI Kota Bekasi menyampaikan, “Shalat istisqa ini merupakan shalat sunah yang pernah dikerjakan Rasulullah dalam rangka bermunajat kepada Allah SWT untuk diturunkannya hujan, di kala kemarau berkepanjangan.”

Baca Juga:  Pernyataan Sikap Wahdah Islamiyah Atas Genosida Zionis Israel di Gaza

Usai dilaksanakannya shalat istisqa, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menyampaikan terima kasih kepada para jamaah yang terdiri dari Perwakilan Forkopimda, ASN dan Non Asn Kota Bekasi, yang bersedia melakukan shalat sunah istisqa dalam rangka bermunajat minta diturunkan hujan oleh Allah SWT.

“Terimakasih saya ucapkan kepada para Kiyai, perwakilan Forkopimda, ASN dan Non ASN Kota Bekasi yang turut serta melaksanakan shalat istisqa,” kata Gani Muhamad.

Selain itu, Gani juga mengimbau kepada para jamaah yang hadir untuk dapat berhati-hati di kala kemarau masih melanda, untuk tidak sembarangan membakar sampah, daun atau ranting tanpa pengawasan.

Dia berharap, dengan dilakukannya shalat tersebut, bisa menjadi sebab musabab terkabulnya doa warga Kota Bekasi untuk segera diturunkannya hujan oleh Allah SWT. (T/RI-1/P1)

Baca Juga:  Sajeriah Jamaah Haji Tunanetra, 14 Tahun Menanti Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf