KEMENAG GELAR SIDANG ISBAT 16 JULI MENDATANG

(Dok. Kemenag)
(Dok. )

Jakarta, 21 Ramadhan 1436/8 Juli 2015 (MINA) – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama akan mengadakan untuk menetapkan 1 Syawal Hari Idul Fitri 1436H/2015 M pada Kamis (16/7) mendatang.

“Terkait dengan penetapan kapan 1 Syawal, pemerintah akan mengadakan sidang isbat dengan mengundang tokoh agama dan ahli astronomi tanggal 16 Juli 2015,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang didampingi Kepala Pinmas Rudi Subiyantoro di kediaman dinasnya, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Selasa (7/7) malam.

“Kementerian Agama akan mengumpulkan sejumlah perukyat yang berkompeten dan telah disumpah untuk menyaksikan bulan (hilal) di titik-titik tertentu di Indonesia,” kata Lukman Hakim, demikian laman resmi Kemenag melaporkan.

Menurutnya, terdapat kemungkinan Idul Fitri tahun ini tidak dilaksanakan bersama-sama oleh sebagian besar umat Islam di Indonesia. “Kalau hilal terlihat memenuhi syarat besok (16 Juli) maka sholat ied dilakukan esok harinya, kalau tidak terlihat itu berpulang kepada peserta sidang isbat,” katanya.

Intinya, lanjut Lukman, pemerintah akan tetap menunggu keputusan hasil sidang isbat untuk penentuan 1 Syawal. Kendati demikian, Menag tetap berharap agar Lebaran nantinya dapat dirayakan secara bersama-sama pada semua lapisan umat Islam di Indonesia.

“Dari sisi kemungkinan beda itu ada, tetapi untuk disamakan juga besar peluangnya. Kami berharap semua satu pandangan menentukan hilal itu terlihat seperti apa. Tapi kalau perbedaan itu tidak bisa samakan, kita harus berjiwa besar untuk menghargai itu,” ujarnya. (T/P011/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0