Kemenag Susun Modul Sains dan Literasi Bagi Guru MI

Semarang, MINA – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, menyusun modul Sains dan Literasi bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Kegiatan penyusunan berlangsung selama empat hari, dari tanggal  7 hingga 10 April di Semarang, Jawa Tengah.

Direktur , mengatakan, penyusunan modul harus dapat menyentuh tiga ranah: hand (tangan), head (kepala, daya berfikir), dan heart (hati).

“Orang-orang yang berfikir logis berdasarkan sains, memiliki kemampuan daya nalar yang kuat itu penting, tetapi jangan lupa estetika, seni. Seni itu juga penting,” ujarnya.

Ia menabahkan, kegiatan penyusunan modul sains dan literasi harus disajikan sebagai bahan perangkat modul yang holistik, yaitu modul yang dapat menyentuh beberapa macam intelegensi yang dimilki oleh anak didik.

Menurutnya, setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing. Jika anak-anak didik kita memiliki kemampuan dan kecerdasan dengan bidang tertentu,

Ia melanjutkan,  maka hal tersebut perlu mendapat perhatian dan pengembangan. Karena anak dilahirkan, sebagai mahluk yang cerdas multi intelegency.

“Konten modul disusun secara holistik, menyeluruh, dengan memperhatikan kecerdasan literasi, numerasi, sains, serta kecerdasan spiritual dan sosial,” pungkasnya. (R/SH/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)