Kemenag Tingkatkan Layanan Kepada Umat

Jakarta, 26 Februari 2017/29 Jumadil Awwal 1438 (MINA) – Kementerian Agama () RI melakukan Rapat Kerja Nasional tahun 2017 di Hotel Mercure Jakarta pada 26 hingga 28 Februari 2017. Sejumlah isu guna peningkatan pelayanan terhadap umat dibahas dalam acara yang dibuka oleh Menteri Agama (Menag) itu.

“Jadi intinya bahwa rakernas ini forum tahunan untuk konteks tahun 2017 ini lebih kita tekankan bahwa ke sejumlah isu strategis terkait dinamika perkembangan yang dan harapan umat beragama tehadap kemenag ada isu stategis yg akan dikukuhkan,” ujar Menag Lukman Hakim di sela acara. Jakarta, Ahad (26/2).

Ia menambahkan, untuk tahun lalu saja, Kementerian Agama telah membuka layanan terpadu satu atap, dan layanan berbasis online atau disebut dengan e-government dan dalam rakernas thaun 2017 ini akan ditingkatkan program-program lainnya untuk masyarakat.

“Tidak hanya transparansi dan akuntabilitas yang akan kita wujudkan, tapi upaya untuk mendekatkan umat terkait pelayanan bermatabat ini, lalu juga ada beberapa hal terkait isu nasional bagaimana agar pelayanan keagamaan melalui rumah-rumah ibadah melalui tokoh-tokoh agama bisa lbih mengedepankan kepada moderasi,” katanya.

Menurut Lukman, hanya dengan paham keagamaan yang moderat saja maka nilai-nilai keagamaan yang selama ini diwariskan oleh pendahulu dalam ikut menjaga keindonesiaan ini bisa dijaga dan dipelihara rawat juga dikembangkan di masa mendatang.

Selain itu, di tahun 2017 ini Kemenag juga akan mengembangkan program basis riset penelitian, seperti survei periodik untuk melihat peta perkembangan dinamika umat beragama di Indonesia.

“Sehingga program-program yang dirancang Kemenag itu betul-betul dalam rangka menjawab harapan umat dalam menjawab kebutuhan masyrakat segala keseluruhan,” tutupnya. (L/R08/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.