Kemenag Upayakan Transformasi KUA Tahun Ini

Jakarta, MINA – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tahun ini (2019) akan menggulirkan Pusat Layanan Keluarga atau Pusaka Sakinah sebagai bagian dari upaya transformasi Kantor Urusan Agama () ke arah yang lebih baik.

Kasubdit Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Adib Mahrus mengatakan, transformasi tersebut antara lain ditandai dengan sinergitas tugas penghulu dan penyuluh agama, tidak boleh ada dikotomi. Keduanya harus bersinergi dalam mengemban mandat UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Kami mencoba menggulirkan Program Pusaka Sakinah agar mentransformasi kegiatan formalistik KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat, mendampingi, memberi bimbingan, advokasi, mediasi, dan konsultasi,” terang Adib saat Sosialisasi Transformasi Layanan KUA Melalui Pusaka Sakinah, di Sleman, Yogyakarta, seperti yang disiarkan di laman Indonesia.go.id pada Jumat (18/1).

Menurutnya, Pusaka Sakinah meliputi empat program, yaitu: Aman (administrasi manajemen KUA), Berkah (Belajar Rahasia Nikah), Kompak (konseling mediasi, pendampingan dan advokasi), serta Lestari (Layanan bersama Ketahanan keluarga Republik Indonesia).

“Keempat program tersebut merupakan unggulan dan setiap kabupaten/kota menunjuk satu piloting,” ungkap Adib.

Ke depan, kata Adib, KUA tidak hanya berfungsi formil dalam pencatatan nikah. Lebih dari itu, KUA memiliki tanggung jawab agar pasangan yang dinikahkan dapat mewujudkan keluarga sakinah.

Sejalan dengan itu, pelayanan kepenghuluan dan lainnya di KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga. “Kita akan melakukan program yang responsif menjawab kebutuhan masyarakat dan menjawab problem masa kini,” ungkapnya.

Proses pembuatan Pusaka Sakinah melibatkan 800 orang yang berkontribusi dalam pikiran dan tenaga sepanjang tahun 2018. “Kita ingin layanan KUA harus bertransformasi ke arah perbaikan,” tutup Adib. (R/Sj/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.