Kemendikbud Gandeng Abang None Jakarta untuk Lestarikan Budaya Indonesia

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () menggandeng Ikatan Abang None Jakarta () untuk meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

“Ikatan Abang None Jakarta sebagai organisasi kepemudaan memiliki potensi dalam pelestarian budaya Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya. Untuk itu kita dapat bersama-sama mewujudkan inovasi dan kreativitas karya budaya yang berdaya saing,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Hilmar Farid dalam jumpa pers program Abnon to Broadway, di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (8/8).

Ia memaparkan, IANTA sebagai organisasi pemuda yang mengedepankan pelestarian kebudayaan, memiliki peluang dalam pengembangan industri seni peran dan budaya Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pecinta industri tersebut.

Baca Juga:  Dasasila untuk Palestina dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Seluruh Indonesia

“Perlu ada pengembangan seni peran, baik dari sisi talenta maupun dari sisi industrialisasinya,” ujarnya.

Untuk pengembangan industri seni peran dan budaya, Kemendikbud memberikan dukungan melalui Beasiswa Unggulan dengan mengirimkan tujuh alumni Abang None Jakarta dalam program #AbnontoBroadway, New York, Amerika Serikat. Pada gelombang pertama akan diberangkatkan empat orang.

“Dengan dukungan ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan standar talenta para alumni Abang None Jakarta untuk menuju standar Internasional,” harap Hilmar.

Program #AbnontoBroadway juga didukung oleh Pemda DKI Jakarta, Badan Ekonomi Keratif (BEKRAF), Kementerian Pariwisata, dan Bakti Budaya Djarum Foundation dengan harapan bahwa dukungan ini bisa berkelanjutan agar budaya Indonesia di bidang seni pertunjukan bisa berkembang dan memenuhi standar internasional.

Baca Juga:  TNI AL Resmikan Dua Kapal Perang

Pada acara yang sama, Ketua IANTA Ronni Ardhianto menerangkan program #AbnontoBroadway diusung oleh IANTA setelah melihat kesuksesan Teater Abnon dalam beberapa pementasan besar sejak berdiri hampir 10 tahun.

Teater Abnon merupakan buah hasil kerja keras dari Maudy Koesnaedi yang juga merupakan pemenang None Jakarta tahun 1993.

“IANTA berkeinginan agar Teater Abnon bisa diisi oleh talenta-talenta yang memiliki standar internasional. Dalam mencapai tujuan itu IANTA bekerja sama dengan instansi pendidikan di Broadway, New York bernama StudentsLive yang memiliki fokus memberikan pelatihan intensif dibawah arahan spesialis Broadway yang sangat terlatih,” jelasnya.

Para peserta yang diberangkatkan ke New York telah melewati proses tahapan seleksi dengan melibatkan juri independen. Peserta yang diberangkatkan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama empat peserta dan tahap kedua dengan tiga peserta.

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Program #AbnontoBroadway adalah program pelatihan intensif selama 10 hari di Broadway, New York.

Pada kesempatan ini para peserta mendapatkan pengalaman dilatih secara langsung oleh para aktris, aktor dan spesialis Broadway. Program ini juga memfokuskan pada pengembangan kepercayaan diri, kepribadian, dan kepemimpinan para peserta dengan menggunakan teater Broadway sebagai media.

IANTA bersama Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud akan mengadakan pelatihan seni peran kepada masyarakat oleh para peserta #AbnontoBroadway.

Selain itu, peserta #AbnontoBroadway juga akan berpartisipasi dalam pertujukan dalam rangka pementasan besar 10 Tahun Teater Abnon pada tahun 2019. (L/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.