ASEAN Corner dan Pusat Studi ASEAN Dibuka di Universitas Internasional Batam

Kemlu Buka Corner dan Pusat Studi ASEAN di Batam. (Foto: Kemlu)

 

Batam, MINA – Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Universitas Internasional Batam membuka Pusat Studi ASEAN (PSA) di Batam.

Pembukaan PSA ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri dengan Universitas tentang Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian/Pengkajian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Rektor Universitas Internasional Batam, Prof. Dr Handoko Karjantoro, CPA, dalam sambutannya menyatakan bahwa UIB sangat menyambut baik dan berterima kasih atas dilakukannya penandatanganan kerja sama ini.

“Selama ini, Universitas Batam sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi di negara-negara ASEAN, seperti Malaysia dan Vietnam yang sifatnya antar perguruan tinggi. Ke depan diharapkan dengan dijalinnya kerja sama ini, dapat meningkatkan kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri,” ujarnya. Demikian siaran pers Kemlu yang dikutip MINA, Jumat (10/11).

Dia melanjutkan, dengan dibentuknya dua PSA baru di Batam, maka jumlah PSA hingga saat ini berjumlah 46 buah, yang tersebar dari Banda Aceh hingga Ambon. “PSA memiliki peran penting sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan ASEAN kepada kalangan perguruan tinggi dan masyarakat umum,” tambahnya.

Pada acara pembentukan kedua PSA tersebut, Kementerian Luar Negeri diwakili oleh Ashariyadi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN. Ia menyambut baik kerja sama ini yang akan memperkaya wawasan melalui kajian-kajian ilmiah yang dilakukan oleh PSA.

Pada saat Kuliah Umum dengan Topik “ASEAN 50: Capaian dan Tantangan”, Sesditjen KSA menjelaskan capaian ASEAN dalam 50 tahun terakhir serta tantangan yang dihadapi ASEAN ke depan.

Selain itu, juga ditekankan agar kalangan dunia usaha di Batam, khususnya para UMKM, dapat jeli dalam melihat peluang – peluang bisnis di ASEAN sejalan dengan semangat dan integrasi Masyarakat ASEAN.

Selain dua kegaiatan tersebut, Ditjen Kerja Sama ASEAN juga membuka Stan ASEAN Corner pada Pameran Investasi, Produk Unggulan Perdagangan dan Pariwisata bertempat di Mega Mall – Batam Centre, 2 – 3 November 2017.

Melalui kegaiatan tersebut, Ditjen Kerja Sama ASEAN telah berinteraksi dan bersosialisasi kepada Masyarakat secara langsung,  dimana pengunjung sangat antusias untuk mengetahui peluang yang dapat dimanfaatkan dari Masyarakat ASEAN. Sekitar 150 orang berkunjung ke stan ASEAN Corner. (R/R07P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.