Kemlu Dorong Pengusaha Kepri Tingkatkan Ekspor ke Amerika dan Eropa

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Dalam mendorong diplomasi ekonomi, Kementerian Luar Negeri RI mengajak pelaku usaha di Kota Batam dan Kepulauan Riau () lakukan penetrasi pasar nontradisional produk ekspor Indonesia ke wilayah Amerika Latin dan Karibia, serta Eropa Tengah dan Timur.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RU Ngurah Swajaya, menyampaikan hal tersebut dalam acara “Sosialisasi dan Penggalangan Pengusaha dalam memanfaatkan Peluang Pasar Wilayah Amerika dan Eropa” di Batam, Kamis sore (15/4).

Swajaya mengemukakan, Kemlu mengajak pelaku usaha untuk memanfaatkan kegiatan forum bisnis yang diselenggarakan Kemlu.

Dua forum bisnis secara hybrid yang sedang dipersiapkan adalah forum bisnis Indonesia dengan negara Eropa Tengah dan Timur (INA-CEE) pada bulan Juli 2021 dan dengan negara-negara Latin Amerika dan Karibia () pada bulan Oktober 2021.

Ditambahkannya, kedua forum bisnis itu terbuka untuk para pelaku usaha di Indonesia, termasuk Kepri agar dapat berinteraksi, saling mengenal, dan berdiskusi mengenai peluang kerja sama bisnis dengan pengusaha asing dari kawasan.

Kemlu akan menggunakan platform digital yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi interaksi antara pelaku bisnis kedua pihak, yaitu www.ina-lac.com.

“Pandemi Covid-19 menuntut berinovasi dan meningkatkan kreativitas, termasuk dalam diplomasi ekonomi Kemlu untuk mendukung peningkatan ekspor dan investasi,” ujar Swajaya.

Batam dan Kepri memiliki potensi besar untuk kerja sama dengan kawasan Eropa Tengah dan Timur, serta Amerika Latin dan Karibia di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Sumber daya dan hasil produksi, serta letak geografis Batam dan Kepri mendukung pengembangan kerja sama tersebut.

Berbagai upaya terobosan dilakukan Kemlu dalam mendukung perekonomian nasional, seperti pelaksanaan forum bisnis, termasuk virtual, peningkatan interaksi pelaku bisnis, sosialisasi Undang-Undang Cipta Kerja, dan fasilitasi proses perundingan perjanjian perdagangan atau kerja sama kemitraan ekonomi komprehensif.

Pertemuan dengan pemangku kepentingan di daerah, seperti dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha di Batam dalam rangka sosialisasi dan penggalangan pengusaha dalam memanfaatkan peluang pasar wilayah Amerika dan Eropa ini merupakan bagian upaya Kemlu juga. (R/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.