Keselamatan Atlet dan Penonton Asian Games 2018 Jadi Prioritas Utama

(dok. berita360)

Jakarta, MINA – Panitia Penyelenggara (INASGOC) ingin memastikan event Asian Games 2018 bisa terlaksana dengan baik. Untuk menyukseskan hal itu, panitia memprioritaskan keamanan dan keselamatan para dan saat event berlangsung.

“Kami ingin memastikan bahwa atlet maupun penonton, atau siapa saja yang berada di lokasi event ini merasa secure (aman). Itu visi misi kami,” ujar Divisi IV Games Security Kombes (Pol) Unggul Sedyatmo kepada awak media di Atlet Century, Selasa (13/2).

Unggul menjelaskan, untuk memastikan keselamatan para atlet dan penonton, panitia sudah menyiapkan beberapa langkah, salah satunya dengan cara memfilter dan memverifikasi bahwa hanya orang yang memiliki identitas yang bisa masuk ke lokasi event.

Baca Juga:  UML Adakan Aksi Bela Palestina dan Kutuk Kejahatan Israel

“Untuk keamanan, kita memanfaatkan peralatan x-ray dan beberapa peralatan lainnya. Kita ingin memastikan bahwa barang bawaan yang dibawa oleh orang yang masuk adalah yang memiliki syarat. Orang yang masuk hanya yang mendapatkan ijin dan tidak ada bahan berbahaya di dalam tubuhnya,” katanya.

Langkah ini, menurut dia dilakukan untuk memastikan keamanan semua orang. Panitia memastikan tidak akan menganggap sebelah mata hal-hal sepele demi terjaminnya keamanan para atlet dan penonton.

Untuk pengaturan di sekitar lokasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Unggul mengungkapkan pihaknya sudah mengatur pintu-pintu mana saja yang akan digunakan sebagai pintu masuk bagi kendaraan para atlet dan official, kendaraan yang memiliki stiker maupun kendaraan penonton.

Baca Juga:  Aksi Bela Palestina Civitas Muhammadiyah Sampaikan 10 Pernyataan Sikap

“Kendaraan para atlet dan official dan kendaraan yang memiliki stiker khusus Asian Games 2018, mereka diarahkan masuk melalui pintu 7 GBK. Sementara bagi penonton, mereka diarahkan masuk ke dalam GBK melalui Pintu Plaza Barat,” katanya.

Sementara Jalan Graha Pemuda dan Asia Afrika akan diberlakukan sistem buka-tutup untuk kendaraan umum dan memprioritaskan bagi kendaraan khusus Asian GAmes 2018. Jalur busway disepakati akan menjadi special line sehingga kendaraan dengan stiker Asian Games bisa menggunakan jalur tersebut. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.