Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khaled Meshaal: Indonesia Garda Terdepan Mendukung Perjuangan Palestina

sajadi - Ahad, 5 Desember 2021 - 16:53 WIB

Ahad, 5 Desember 2021 - 16:53 WIB

5 Views

Kepala Biro Politik Hamas di luar negeri, Khaled Meshaalalam, dalam  sebuah wawancara eksklusif dengan wartawan Kantor Berita MINA,  Rifa Berliana Arifin, menegaskan, Indonesia, meskipun jauh, namun dekat di jantung permasalahan Palestina.

Wawancara tersebut dilakukan di sela-sela Konferensi Pionir Al-Quds ke-12 yang bertajuk “Normalisasi dengan siapa?” diselenggarakan oleh sejumlah aktivis anti-Zionis dan organisasi non-pemerintah dalam rangka mendukung pembebasan Yerusalem.

Konferensi yang digelar dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris di Istanbul, Turki pada 1-5 Desember 2021 itu untuk memperingati Hari Solidaritas Internasional dengan Rakyat Palestina dan perlawanan Palestina dalam pertempuran “Pedang Yerusalem” atas orang-orang Palestina di Yerusalem dan semua tanah Palestina.

Konferensi tersebut dihadiri oleh lebih dari empat ratus tokoh dari sekitar 50 negara, termasuk dari Indonesia yakni lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG).

Baca Juga: Israel Bunuh 173 Jurnalis Palestina Sejak Oktober 2023 

Selama konferensi, semua peserta mengutuk kejahatan entitas Zionis terhadap anak-anak dan wanita Palestina, pemboman bangunan tempat tinggal dan penghancuran rumah-rumah Palestina untuk membangun pemukiman ilegal. Hal ini merupakan pelanggaran yang jelas tidak hanya terhadap perjuangan Palestina, namun juga prinsip kemanusiaan dan moral.

Terkait hal ini, Kantor Berita MINA melakukan wawancara dengan Khaled Meshaal, Kepala Biro Politik Hamas di luar negeri.

Berikut kutipan wawancara MINA dengan Khaled Meshaal:

MINA: Bagaimana Anda melihat beberapa negara Arab dan Islam melakukan normalisasi dengan Israel untuk mencapai kepentingan keamanan dan ekonomi?

Baca Juga: Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania

Normalisasi dengan entitas Zionis merupakan kejahatan besar, termasuk kejahatan terhadap Palestina dan rakyatnya serta gerakan perlawanan Palestina. Selain itu hal tersebut malahan mendukung pendudukan dan Zionis, yang merupakan musuh bangsa Palestina.

Normalisasi akan membawa negara-negara ke kehancuran tanpa akhir, karena pendudukan Israel adalah bagian dari konflik panjang ini.

Khaled: Beberapa orang berpikir bahwa entitas Zionis dapat membantu mereka. Saya meyakinkan Anda bahwa setiap orang yang normalisasi dengan entitas Israel adalah seperti seseorang yang minum dari air laut dan tidak kenyang, namun rasa hausnya meningkat.”

Allah tidak memberikan kemenangan kepada orang-orang dengan pergi ke musuh-musuh-Nya, seperti yang Dia katakan dalam Al-Quran: “Dengan Nama Allah, Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang: “Jangan condong ke arah orang-orang yang zalim, nanti kamu ditimpa musibah api neraka. Selain Tuhan, tidak ada yang bisa menjadi pelindungmu dan tidak ada yang bisa membantumu”. Ini adalah janji dan peringatan Tuhan untuk normalisasi.

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Rebut Apartemen Palestina di Yerusalem

MINA: Ada organisasi non-pemerintah yang berpartisipasi dalam konferensi, dan ada organisasi non-pemerintah dari Indonesia yang berpartisipasi dalam konferensi ini. Bagaimana Anda melihat peran organisasi-organisasi ini dalam membela perjuangan Palestina dan Masjid Al-Aqsa?

Khaled: Konferensi ini adalah tentang membangun institusi bangsa, termasuk ulama, organisasi, lembaga amal dan semua kekuatan sipil dalam masyarakat Islam. Ini adalah bangsa yang besar. Ada upaya besar yang dilakukan oleh rezim dan masyarakat dengan karakter, pemimpin, energi, partai, badan, dan organisasi mereka.

Kami bangga dengan partisipasi ini dan kami tidak dapat menyangkalnya. Kami membutuhkan posisi rezim dan pemerintah. Ini adalah tanggung jawab historis mereka. Kami juga membutuhkan upaya semua orang dan semua orang yang akan kami temui dalam pertempuran untuk membebaskan Palestina, segera.

Kami berterima kasih kepada semua organisasi yang berpartisipasi dalam konferensi ini, yang memiliki dampak besar dan Anda tahu bahwa upaya pertama untuk membongkar blokade di Gaza dimulai dari gerakan rakyat, serta interaksi dengan apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa yang diberkati.

Baca Juga: Satu-Satunya Toko Roti di Gaza Utara Terancam Tutup

Kami mengobarkan pertempuran melawan entitas Zionis di semua front resmi dan populer, jihadis, militer, politik dan publik, serta di tingkat forum internasional, menuntut entitas Zionis dan mendokumentasikan kejahatan yang dilakukannya dan menghukumnya atas kejahatan ini. Insha Allah, semua usaha yang diberkati ini bertemu untuk tujuan yang besar.

MINA: Apa kesan Anda tentang peran Indonesia dalam membela perjuangan Palestina?

Khaled: Indonesia, meskipun jauh, namun dekat dengan inti masalah dan merupakan negara terbesar dalam hal jumlah penduduk dan kami mengharapkan yang baik dari Indonesia. Indonesia memiliki masyarakat yang terhormat, otentik dan religius. Kami telah melihat ini di banyak kesempatan dan kami berharap Indonesia berada di garis depan mereka yang mendukung hak Palestina. (WT/RA1/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Iming-Iming Israel kepada Pencari Suaka Afrika yang Ikut Perang

Rekomendasi untuk Anda