Khan dan Rouhani Bertemu Bahas Dialog dengan Saudi

Presiden Iran Hassan Rouhani sambut kedatangan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Ahad, 13 Oktober 2019. (Foto: Iran President/Anadolu Agency)

Teheran, MINA – Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan Presiden Iran Hassan Rouhani mengadakan pembicaraan di Teheran, sebagai bagian dari inisiatif Pakistan untuk meredakan ketegangan antara musuh regional, Iran dan Arab Saudi.

Khan tiba di Teheran pada Ahad (13/10), demikian Al Jazeera melaporkan.

“Alasan misi ini adalah bahwa kami tidak ingin konflik antara Arab Saudi dan Iran,” kata Khan kepada wartawan ketika ia berdiri di samping Presiden Iran.

Khan menekankan, kunjungan ke dua negara adalah “inisiatif” Pakistan.

“Kami menyadari bahwa ini adalah masalah yang rumit … tetapi kami merasa bahwa ini dapat diselesaikan melalui dialog. Yang seharusnya tidak pernah terjadi, adalah perang antara Arab Saudi dan Iran,” katanya.

Gesekan antara Teheran dan Riyadh meningkat setelah serangan 14 September terhadap fasilitas minyak Saudi.

Amerika Serikat dan Arab Saudi menyalahkan Iran atas serangan terhadap fasilitas Abqaiq dan Khurais, tetapi dibantah oleh Teheran.

Kemudian pada Jumat (11/10), sebuah kapal tanker berbendera Iran rusak oleh dua ledakan terpisah di pelabuhan Jeddah, Saudi, menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.