Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Klasemen Olimpiade 2024: Dua Medali Emas Buat Ranking Indonesia Melesat

Lailatul Mukarromah Editor : Rudi Hendrik - Jumat, 9 Agustus 2024 - 09:19 WIB

Jumat, 9 Agustus 2024 - 09:19 WIB

32 Views

Rizki Juniansyah raih medali emas Olimpiade Paris 2024. (Foto: IG @timindonesiaofficial)

Paris, MINA – Kontingen Indonesia berhasil mencatatkan prestasi gemilang dalam perhelatan Olimpiade Paris 2024 dengan melompat ke peringkat 28 dalam klasemen sementara berkat torehan dua medali emas.

Kenaikan peringkat yang signifikan ini terjadi atas dua medali emas yang disumbangkan oleh atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah pada Jumat (9/8).

Veddriq Leonardo menjadi penyumbang emas pertama bagi Indonesia. Atlet muslim kelahiran Pontianak tersebut tampil memukau dalam cabang olahraga panjat tebing nomor men’s speed.

Ia mengalahkan wakil China, Wu Peng, yang merupakan peringkat kedua dunia. Dengan catatan waktu 4,75 detik, Veddriq memastikan medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Fadlan Prawira Sukses Pertahankan Medali Emas PON 2024

Kesuksesan Leonardo kemudian diikuti oleh Rizki Juniansyah, lifter muslim andalan Indonesia yang turun di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg.

Juniansyah berhasil mencatatkan total angkatan 354 kg, mengungguli Weeraphon Wichuma dari Thailand dan Andreev Bozhidar Dimitrov dari Bulgaria yang menempati posisi kedua dan ketiga ketika bertanding di South Paris Arena.

Indonesia kini memiliki total tiga medali di Olimpiade Paris 2024, terdiri dari dua emas dan satu perunggu.

Medali perunggu sebelumnya telah disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putri.

Baca Juga: Fenomena Pemain Naturalisasi, Apa Untung dan Ruginya?

Raihan ini mengantarkan Indonesia naik secara signifikan dalam klasemen sementara Olimpiade, kini menempati peringkat ke-28, membayangi Filipina yang memiliki empat medali yaitu dua emas dan dua perunggu.

Klasemen sementara Olimpiade Paris 2024 masih dipimpin oleh Amerika Serikat dengan total 103 medali (30 emas, 38 perak, 35 perunggu). China menempati posisi kedua dengan 73 medali (29 emas, 25 perak, 19 perunggu), diikuti oleh Australia di posisi ketiga dengan 45 medali (18 emas, 14 perak, 13 perunggu).

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Lakoni Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina