Komandan Pejuang Kashmir Tewas dalam Baku Tembak dengan Pasukan India

Foto:AA

Srinagar, MINA – Seorang komandan pejuang Kashmir, Saifullah Mir, tewas dalam baku tembak dengan pasukan India di daerah Rangreth, pinggiran Kota Srinagar, Ahad (1/11).

“Atas dasar petunjuk khusus, tim gabungan polisi dan CRPF (Pasukan Polisi Cadangan Pusat India) menempatkan penjagaan di Rangreth dan kemudian mengeksekusi komandan itu yang bersembunyi,” kata Inspektur Jenderal Polisi wilayah Kashmir Vijay Kumar seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Mir mengambil alih pimpinan Hizbul Mujahideen setelah pimpinan sebelumnya Riyaz Naikoo terbunuh pada Mei lalu.

Kumar menyebut, terbunuhnya Mir sebagai kesuksesan besar  pasukan keamanan dan pencapaian penting untuk menundukkan  kelompok yang disebutnya sebagai militan.

Menurut sumber polisi, lebih dari 180 militan dan dua lusin pasukan India tewas dalam setahun ini meskipun krisis pandemi yang membayangi.

Baca Juga:  Israel Tembaki Warga Sipil Gaza yang Sedang Cari Sinyal Internet

Kashmir, wilayah Himalaya dengan mayoritas Muslim, sebagian dikuasai oleh India dan Pakistan serta sepotong kecil Kashmir juga dikuasai oleh China.

Sejak mereka dipisahkan pada 1947, New Delhi dan Islamabad telah berperang tiga kali (1948, 1965, 1971), dua di antaranya memperebutkan Kashmir.

Beberapa kelompok pejuang Kashmir di Jammu dan Kashmir berperang melawan kekuasaan India untuk kemerdekaan atau untuj bersatu dengan Pakistan. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf