Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kominfo Luncurkan Sistem Peringatan Dini Bencana

Insaf Muarif Gunawan Editor : Widi Kusnadi - 15 detik yang lalu

15 detik yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI meluncurkan Sistem Peringatan Dini dan dan Sistem Penguatan Informasi Bencana melalui siaran TV digital.

“Inisiatif itu bertujuan untuk mendukung penyebaran informasi kebencanaan secara cepat kepada masyarakat,” ucap Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kominfo, Wayan Toni Supriyanto, Senin (23/9), demikian keterangan yang diterima MINA.

“Penyampaian informasi bencana, seperti gempabumi, erupsi gunungapi, banjir, dan kebakaran hutan, sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang terdampak. Ini termasuk informasi mengenai potensi gempa berkekuatan besar, yang dikenal sebagai megatrust,” lanjutnya.

Menurut Wayan, informasi yang cepat dan akurat akan memudahkan masyarakat dan petugas terkait untuk mengantisipasi dan berkoordinasi dengan baik dalam mengurangi risiko kebencanaan.

Baca Juga: Ponpes Al-Ittifaqiah Studi Banding ke Al-Fatah Lampung

Kementerian Kominfo telah mengatur hal ini dalam Keputusan Menkominfo Nomor 288 tentang Pedoman Sistem Penyampaian Informasi Bencana melalui Penyelenggara Multipleksing Siaran TV Digital.

Kominfo bekerja sama dengan lembaga penyiaran televisi untuk meneruskan informasi kebencanaan dari kementerian dan lembaga penyedia informasi bencana, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” jelasnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sekda Sudirman Ditunjuk Sebagai Pjs Gubernur Jambi

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia