DPR Dorong Kemensos Bantu UKM Gorontalo Entaskan Kemiskinan

, 1 Jumadil Akhir 1438/28 Februari 2017 (MINA) – DPR RI mendorong Kementerian Sosial (Kemensos) agar membantu sejumlah Usaha Kecil Menengah () di Provinsi Gorontalo untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan.

Delegasi Komisi VIII yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, menyempatkan diri mengunjungi Kelompok Usaha Mahakarya Gorden, Selasa (28/2), yang ditukangi para ibu setempat. Kelompok ini membawahi puluhan unit usaha lainnya di Gorontalo.

Wakil Ketua Komisi VIII Dedink Ishak menyatakan, Kemensos perlu membantu modal usaha sebesar Rp50 juta per kelompok usaha di setiap provinsi. Dana bantuan ini perlu diberikan dengan selektivitas yang tinggi.

“Butuh suntikan modal bagi kelompok usaha yang baru dibangun tiga tahun ini untuk kemudian diharapkan bisa mandiri,” kata Dedink, Parlementaria melaporkan.

Anggota Komisi VIII Maman Imanul Haq juga menyarankan agar ada pilot project untuk setiap kelompok usaha yang berhasil di setiap provinsi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Mahakarya menjelaskan, usaha gorden yang dirintisnya baru menghasilkan omset Rp10 juta per bulan.

Kini juga sedang merambah usaha pembuatan kue kering. Untuk itu, butuh mesin oven untuk pengolahan kue yang selama ini belum mereka miliki. Kemensos perlu memberi perhatian khusus untuk ini. (T/R06/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.