Komunitas Pakistan di UEA Rayakan Hari Solidaritas Kashmir

Dubai, MINA – Komunitas Pakistan Uni Emirat Arab merayakan di Konsulat Jenderal Pakistan, Dubai, Ahad (5/2/2023).

Hassan Afzal Khan, Konsul Jenderal Pakistan untuk Dubai memimpin acara tersebut. Kashmir Media Service melaporkan.

Orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, Hassan Afzal Khan menyoroti perselisihan Jammu dan Kashmir adalah salah satu agenda tertua di Dewan Keamanan PBB.

Tindakan ilegal dan sepihak India sejak 5 Agustus 2019 bertujuan mengubah status sengketa Jammu dan Kashmir yang diakui secara internasional dan untuk mengubah struktur demografis wilayah pendudukan.

“Tindakan ini jelas melanggar Piagam PBB, resolusi DK PBB yang relevan, hukum internasional dan Konvensi Jenewa ke-4,” ujarnya.

Sejumlah laporan PBB, termasuk dua laporan yang ditugaskan oleh Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) pada 2018 dan 2019, telah mengonfirmasi ulang kekejaman India yang sedang berlangsung terhadap rakyat Kashmir.

Konsul Jenderal menegaskan kembali posisi Pakistan untuk mengupayakan penyelesaian damai atas sengketa Kashmir dan menegaskan kembali tekad kuat pemerintah dan rakyat Pakistan untuk terus memberikan dukungan moral, politik, dan diplomatik kepada saudara-saudara Kashmir.

Dia menyerukan komunitas internasional, organisasi hak asasi manusia, media internasional dan masyarakat sipil untuk memperhatikan penderitaan rakyat Kashmir yang telah menjadi sasaran kekejaman India yang tak kunjung reda.

Pameran foto yang menggambarkan kekejaman India di IIOJK juga digelar di sela-sela acara.

Film dokumenter pendek tentang pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pasukan pendudukan India di IIOJK juga diputar dalam acara tersebut.

Acara diakhiri dengan doa khusus untuk para pahlawan Kashmir dan keberhasilan perjuangan. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.