Konferensi Moskow: Taliban Hanya Mau Berunding dengan AS

, MINA – Pada putaran kedua perundingan Moskow soal Afghanistan yang berakhir di Ibu Kota Rusia, kedua fihak yakni Pemerintah Afghanistan dan Taliban masih belum menemukan titik temu untuk perdamaian karena Taliban tetap menganggap Pemerintah Afghanistan adalah tidak syah.

“Kami hanya mau berunding dengan Amerika Serikat,” kata degelasi Taliban yang dikutip Anadolu Agency dan dikutip MINA, Sabtu (10/11).

“Para peserta pertemuan berfokus pada dialog langsung inter-Afghanistan yang bertujuan untuk menstabilkan negara dan “sepakat untuk berkonsultasi dalam kerangka mekanisme ini,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia setelah pertemuan tersebut. Demikian Anadolu Agency yang dikutip MINA, Sabtu (10/11).

Din Mohammad Azizullah, Kepala Delegasi Pemerintah Afghanistan membenarkan bahwa dia “melakukan pembicaraan singkat” dengan anggota delegasi Taliban saat makan siang, yang tampak sebagai pembicaraan “ramah”.

Namun Sher Mohammad Abbas Stanikzai pemimpin kelompok Taliban, menegaskan kembali bahwa pihaknya saat ini tidak menganggap pemerintah di sebagai pemerintahan yang sah.

“Pemerintah ini tidak mewakili rakyat Afghanistan, jadi kami menolak berhubungan langsung dengan mereka sebelum masalah dengan AS terpecahkan. Oleh karena itu, kami akan berbicara dengan Amerika, terutama tentang penarikan pasukan,” katanya.

“Kami bertemu dengan pihak Amerika di meja perundingan, dan meminta mereka untuk meninggalkan Afghanistan. Maka tentu saja, sejauh ini pada negosiasi tahap awal ini, kami belum mencapai kesepakatan,” katanya. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.