Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Konferensi Antar-Benua untuk Budaya Perdamaian Melalui Pendidikan

Rana Setiawan - Jumat, 22 Januari 2021 - 05:57 WIB

Jumat, 22 Januari 2021 - 05:57 WIB

1 Views

Manila, MINA – Sebuah konferensi perdamaian antar-benua akan diselenggarakan pada Ahad (24/1), dengan estimasi 2.000 peserta dari 17 negara yang akan hadir, termasuk Filipina, India, Australia, dan Korea Selatan.

Penyelenggara konferensi ini adalah LSM perdamaian internasional yang berpusat di Korea Selatan, yaitu Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (HWPL) yang berasosiasi dengan DGC PBB dan ECOSOC PBB, demikian keterangan resmi yang diterima MINA, Kamis (21/1).

Konferensi perdamaian virtual ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-7 Hari Perdamaian HWPL pada tanggal 24 Januari yang ditunjuk oleh Provinsi Maguindanao di Filipina untuk memperingati perjanjian perdamaian di Mindanao pada Ahad pekan ini.

Perjanjian tersebut dicetuskan Ketua HWPL, Man Hee Lee dan ditandatangani oleh pihak pemerintah, pemimpin-pemimpin agama dan masyarakat sipil untuk bergabung bersama dalam upaya-upaya pembangunan perdamaian mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Baca Juga: Pakistan Bentuk Komite untuk Boikot Bisnis yang Dukung Israel

Sejak saat itu, acara-acara peringatan tahunan seperti festival-festival perdamaian besar, International Peace Walk, pameran-pameran perdamaian di museum-museum lokal, dan konferensi-konferensi antar-agama telah diselenggarakan untuk merayakan perjanjian perdamaian dan meningkatkan kesadaran tentang perdamaian di antara warga-warga daerah tersebut.

Peringatan tersebut membahas sejarah, isu-isu masa sekarang, dan rencana-rencana jangka panjang di Mindanao sebagai contoh pelaksanaan pembangunan perdamaian, berdasarkan kerjasama para pelaku di sektor yang berbeda-beda, dengan acara yang meningkatkan kesadaran tentang perlunya menjaga perdamaian yang berkelanjutan.

Pada perayaan tahun ini mengambil tema “Peran Pendidikan Perdamaian Dalam Membangun Dunia yang Damai”, bertepatan dengan Hari Pendidikan Internasional, diharapkan dapat sukses meraih tujuan untuk mendirikan sebuah platform global bagi para pengajar perdamaian dalam melaksanakan pendidikan perdamaian di dalam sistem pendidikan setiap negara.

Walaupun acara ini diadakan secara virtual tahun ini karena COVID-19, lebih dari 2.000 peserta, termasuk politisi-politisi, pemimpin-pemimpin agama, tokoh-tokoh sosial, dan pengajar-pengajar diperkirakan akan hadir.

Baca Juga: Menhan Singapura Sebut AS Kehilangan Dukungan Anak Muda Karena Perang Gaza

Termasuk di dalam acara perayaan ini nantinya adalah kelulusan murid-murid pendidikan perdamaian, upacara pengucapan sumpah perdamaian, dan berbagai pidato mengenai nilai pendidikan perdamaian.

Salah seorang petugas HWPL mengatakan, “Melalui Ulang Tahun ke-7 dari Hari Perdamaian HWPL tanggal 24 Januari nanti, kita membentuk tujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan dan budaya perdamaian. Acara perayaan ini akan menjadi sebuah kesempatan untuk me-revitalisasi orang-orang di seluruh dunia yang sekarang sedang mengalami berbagai kekerasan dan konflik, terutama sejak serangan COVID 19, dengan harapan dan semangat perdamaian.”

Siapa saja yang tertarik dengan acara ini dapat mendaftar di https://tinyurl.com/HWPLPeaceDayZoomReg sampai dengan Sabtu 23 Januari 2021.(R/R1/P1)

 

Baca Juga: Bangladesh Larang Pertemuan Massa di Dhaka setelah 45 Orang Tewas

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda