Kota Bhopal India Tunjukkan Kerukunan Umat Hindu-Buddha-Muslim

Bhopal, MINA – Kerukunan antara warga Hindu, Buddha dan Muslim di Bhopal, ibu kota Negara Bagian Madhya Pradesh, tengah India, ditunjukkan dengan banyak cara.

Baru-baru ini, kuil Buddha Dham Bhopal mengirimkan hadiah kepada anak-anak yatim Muslim yang kehilangan orang tuanya karena epidemi Covid, untuk Hari Raya Idul Fitri.

Sebelumnya, kelompok Muslim menyelenggarakan Bhandara (makan siang bersama) untuk umat Hindu yang merayakan Hanuman Jayanti, Awaz-the Voice melaporkan, Selasa (19/4).

Kuil Buddha Dham juga mengelola “pembekuan publik” yang menawarkan susu gratis kepada yang membutuhkan untuk anak-anak mereka.

Bhante Sagar Theuro, Ketua Wali Amanat Kuil Buddha Dham, mengatakan, ini adalah isyarat kecil bagi umat Islam yang berpuasa dan beribadah kepada Allah di bulan suci Ramadhan.

Ia mengatakan, setiap anak berhak merasa bahagia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan memberikan bingkisan berupa baju baru kepada anak-anak di malam Ramadhan yang kehilangan orang tua karena pandemi Covid, pihaknya berusaha memberi kebahagiaan dalam hidup mereka.

“Kami ingin setiap anak merayakan Idul Fitri dengan bahagia dan dicintai, anak-anak itu tidak boleh dirampas dari kegembiraan festival. Kami memiliki tanggung jawab bersama,” Kata Theuro.

Ia mengatakan, bingkisan tersebut akan diserahkan kepada anak-anak melalui lembaga Rashtriya Sevak Samiti yang dipimpin oleh Haji Imran dan timnya.

Presiden Rashtriya Sevak Samiti, Haji Mohammad Imran, mengatakan bahwa inisiatif Kuil Buddha Dham untuk anak laki-laki dan perempuan Muslim yatim piatu akan membawa kegembiraan dalam hidup mereka pada Idul Fitri. Organisasinya telah mendistribusikan gaun kepada anak-anak dari latar belakang yang kurang beruntung selama bertahun-tahun, tetapi pekerjaannya terhenti dalam dua tahun terakhir karena Covid.

“Kami berterima kasih kepada mereka untuk ini,” kata Haji Imran. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.