KPAI Apresiasi Program “Indonesia Bebas Anak Jalanan”

Komisioner Sitti Hikmawatty

Jakarta, MINA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan apresiasi kepada Kementerian Sosial (Kemensos) dan bank-bank yang telah mendukung program “Indonesia Bebas ” di tahun 2017.

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty mengatakan, kehadiran para Komisioner KPAI dalam kegiatan “One Day for Children” yang digagas Kemensos  bekerjasama dengan beberapa bank milik pemerintah, Ahad (20/8), di Jakarta. “Sebagai dukungan terhadap upaya perlindungan anak, khususnya anak-anak jalanan yang saat ini berjumlah 23.800 jiwa di  seluruh penjuru Tanah Air,” kata  Sitti.

“Mereka merupakan anak di bawah 18 tahun yang menjadi target dalam Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA). Target PKSA sendiri adalah anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak penyandang disabilitas, serta anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus,” jelas Sitti.

Dia juga mengatakan Kemensos yang diwakili Dirjen Rehabilitasi Sosial, Marzuki secara simbolis memberikan bantuan sosial berupa Tabungan Sosial Anak (TASA) kepada anak-anak dari suku Baduy. Dalam pelaksanaanya nanti, penyaluran tabungan dari  kementerian sosial ini akan dibantu oleh PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Berdasarkan keterangan dari Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, TASA dapat digunakan tanpa dikenakan biaya apapun, termasuk saat pengambilan uang.

Bantuan yang diberikan negara dalam bentuk tabungan ini diberikan kepada anak senilai Rp1 juta per tahun. Dana tersebut berasal dari anggaran Kemensos.

“Melalui program ini, setiap anak dibekali dengan buku tabungan dan kartu ATM. Untuk mengakses dana, anak-anak yang berhak itu harus didampingi wali. Khusus untuk anak SMA, dana tabungan bisa mereka akses sendiri,” terang Sitti. (R/R03/B05)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.