KPK Gelar Workshop Jurnalis Lawan Korupsi di Bandar Lampung

Bandar Lampung, MINA – Komisi Pemberantasan Korupsi (), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Tempo Institute mengadakan , di Bandar Lampung, Sabtu, (10/8).

Hadir sebagai pembicara Siti Juliantari dari Monitoring Pelayanan Publik, Indonesia Corruption Watch (ICW), Yuyuk Andriati dari KPK, dan Sasmito dari Bio Indonesia.

Dipaparkan proses dan peluang-peluang korupsi yang harus difahami oleh para Jurnalis untuk melawan korupsi.

Siti Juliantari dari ICW menekankan peran penting jurnalis dalam mengungkap korupsi. “Menarik jika Jurnalis bisa menulis terkait korupsi pelayanan publik, misalnya dalam pengadaan barang dan sebagainya,” katanya.

Sementara, Kabid Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati mengatakan workshop ini merupakan program Biro Humas KPK untuk partisipasi jurnalis melawan korupsi.

Selain itu menurutnya, kegiatan ini juga bentuk partisipasi KPK dalam meningkatkan kompetensi jurnalis.

“Jurnalis atau penulis perlu bekal supaya bisa menulis dengan baik mengenai korupsi, maka ini bentuk upaya kami terhadap peningkatan kompetensi jurnalis,” ujarnya.

“Ada dua kegiatan dalam workshop ini yakni pelatihan, dan kompetisi menulis indept reporting, atau feature dengan tema besar Cegah Korupsi, Hak Rakyat Kembali,” kata Yuyuk. (L/mja/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)