Kuburan Massal ISIS Ditemukan di Bawah Lapangan Sepak Bola di Raqqa

Kota Raqqa yang hancur oleh peperangan. (Foto: AP)

Raqqa, MINA – Sebuah kuburan massal kelompok Islamic State (ISIS) ditemukan di bawah lapangan sepak bola kota Raqqa, Suriah.

Lima puluh mayat ditemukan di stadion sepak bola Al-Rasyid. Pejabat mengatakan, lapangan itu bisa menampung sebanyak 200 mayat.

Wartawan Suriah Asaad Hanna sebelumnya menyatakan bahwa situs itu bisa memuat 500 mayat.

Makam itu diduga berisi jenazah pejuang ISIS dan warga sipil. Tanda-tanda awal menunjukkan mereka tewas selama pengeboman pimpinan pasukan Amerika Serikat yang mendukung pasukan koalisi Kurdi dan milisi Arab pada Oktober 2017.

Mayat-mayat ditandai dengan nama depan almarhum untuk warga sipil dan nama alias bagi para pejuang.

“Itu tampaknya satu-satunya tempat yang tersedia untuk pemakaman yang dilakukan dengan tergesa-gesa,” kata Abdallah Al-Eriane, seorang pejabat senior di Dewan Sipil Raqqa, demikian The New Arab melaporkan.

Situs itu terletak di dekat rumah sakit, tempat ISIS membuat pertahanan terakhirnya melawan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) akhir tahun lalu.

Puluhan kuburan massal telah ditemukan di bekas wilayah ISIS di Suriah dan Irak, yang berisi jenazah banyak warga sipil atau pejuang yang dibunuh oleh kelompok itu selama pemerintahan mereka sejak 2014. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf