Kurdi Suriah Siap Bantu Kurdistan Irak Jika Diserang

Tentara wanita Utara atau Rojava. (Foto: Occupy)

Kobane, MINA – Hadiye Yusuf, ketua koalisi dewan pendiri Kurdi di Suriah Utara atau Rojava, mengatakan akan membantu Wilayah Kurdistan jika mendapat serangan dari pihak yang menentang referendum kemerdekaan.

Pada Senin (25/9) bangsa Kurdi di Wilayah Kurdistan Irak melaksanakan pemungutan suara untuk melihat dukungan rakyat Kurdi terhadap kemerdekaan mereka dari Irak.

Yusuf mengatakan, perbatasan Simalke yang melintasi wilayah Kurdistan dan persilangan lainnya akan tetap terbuka. Demikian media Kurdi Rudaw memberitakannya yang dikutip MINA.

Dia mengatakan pada Ahad (24/9), Wilayah Kurdistan dapat bergantung pada Rojava jika diserang atau diblokade.

Menyikapi ancaman Turki yang akan menjatuhkan sanksi jika referendum kemerdekaan Kurdistan tetap dilakukan, Yusuf mengatakan bahwa kebijakan Turki akan gagal.

Sementera pemerintahan Rojava, telah mengadakan pemilihan lokal pertama pada Jumat (22/9). Mereka mengumumkan sebuah sistem konfederal di Suriah.

Turki tidak hanya menentang referendum Kurdistan, tapi juga menentang pemerintahan mandiri Rojava di Suriah, karena dianggap kelompok Kurdi Suriah bersekutu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah organisasi terlarang di Turki. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.