Laznas-BMM BSB Bangun Fasilitas MCK dan Air Bersih di Mamuju

, MINA  – Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat (Laznas-BMM) bersinergi dengan Bank Syariah Bukopin (BSB) memberikan manfaat dengan membangun fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) dan sarana air bersih kepada warga terdampak bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, di pengungsian Desa Botteng Utara, Kec. Simboro, Mamuju.

Bupati Mamuju, Hj. Siti Sutinah Suhardi mengucapkan terima kasihnya atas bantuan BMM dan Bank Syariah Bukopin berikan, berupa MCK dan fasilitas air bersih di Desa Botteng Utara.

“Semoga bantuan untuk para korban gempa bisa bermanfaat dan mendapatkan keberkahan dari Allah. Atas nama Pemerintahan Kabupaten Mamuju, saya ucapkan terima kasih kepada Laznas BMM dan Bank Syariah Bukopin,” kata Suhardi dalam acara seremoni peresmian fasilitas MCK dan air bersih secara daring, Selasa (16/3).

Ia mengungkapkan, musibah gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan sekitarnya pada Januari 2021 lalu mengakibatkan berbagai kerusakan fasilitas yang dimiliki masyarakat. Tak hanya rumah tinggal, tempat ibadah, bangunan kantor dan fasilitas umum lainnya, namun juga terputusnya saluran air bersih.

Padahal, air merupakan salah satu kebutuhan utama yang digunakan untuk aktivitas masyarakat sehari-hari seperti memasak, MCK dan berdampak besar pada kesehatan masyarakat, khususnya yang tinggal di pengungsian.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Mamuju, Direktur Utama Bank Syariah Bukopin, Dery Januar, Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi, dan Kepala Desa Botteng Utara, Sahril.

“Fasilitas MCK dan pipanisasi air bersih sepanjang 500 meter telah dibangun dan dipergunakan masyarakat yang tinggal di pengungsian. Pembangunan dilakukan gotong royong antara relawan BMM Rescue dan warga di pengungsian,” ujarnya.

Penggunaan fasilitas MCK dan air bersih juga tak terbatas selama masa tanggap darurat saja, namun dapat dipergunakan dalam jangka panjang oleh masyarakat sekitar.

Direktur Utama Bank Syariah Bukopin Dery Januar mengungkapkan, “Al-hamdulillahi rabbil ‘alamin, pada kesempatan kali ini, BSB dapat bersinergi dengan BMM untuk menyalurkan bantuan social kepada warga terdampak gempa bumi yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat 15 Januari 2021.

Dengan dibangunnya fasilitas MCK dan sarana air bersih untuk warga terdampak diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa bumi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai wujud kepedulian kami.”

“Semoga BSB, kedepannya dapat terus bersinergi dengan BMM memberikan atau menyalurkan bantuan sosial sebagai bentuk tanggung jawab social BSB kepada masyarakat sekitar,” tambah Dery.

Novi Wardi menambahkan, “Semoga dengan adanya sinergi BMM dan BSB dapat menjadi contoh dan menginspirasi berbagai pihak untuk saling bergandengan tangan membantu masyarakat. Dan bantuan fasilitas MCK dan sarana air bersih dapat meringankan beban para korban gempa bumi dan memotivasi mereka agar dapat bangkit seperti sediakala.”

Sebelumnya, BMM telah merespon tanggap darurat bencana gempa bumi yang terjadi di Majene – Mamuju dengan menurunkan langsung tim relawan BMM Rescue dan menyalurkan bantuan kemanusiaan diantaranya berupa bantuan medis, tenda darurat, pengadaan bahan makanan untuk dapur umum dan juga pendampingan oleh Daí yang telah disalurkan kepada kurang lebih 1.300 warga terdampak gempa bumi. (R/R4/P2)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.