Legislator Harap Asian Games Dongkrak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Indonesia

Jakarta, MINA – Wakil Ketua , Hendra berharap penyelenggaran pesta olahraga berskala internasional 2018 dapat mendongkrak sektor (ekraf) dan pariwisata Tanah Air.

Menurut Sutan, momentum tersebut akan menjadi berkah bagi subsektor andalan ekraf seperti kuliner, fashion, dan kriya terutama produk merchandise dan souvenir. Apalagi pada tahun kontribusi ekraf terhadap Produk Domestik Bruto ditargetkan mencapai Rp1.100 triliun.

“Ekonomi kreatif merupakan sektor yang terkena dampak multiplier effect dari Asian Games. Saya minta pelaku ekonomi kreatif untuk siap menerima konsumen yang besar, karena pelaksanaannya cuma dua minggu,” kata Sutan di Jakarta, Selasa (7/8).

Dalam perhelatan akbar tersebut, politisi Partai Gerindra itu juga mengharapkan para pelaku ekonomi kreatif bisa terlibat maksimal dalam acara yang diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September tersebut.

“Kami yakin, Asian Games berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 170.000 orang, terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 media, dan 150.000 penonton,” ujar Sutan.

Ia menilai, jumlah wisman penonton akan sangat tergantung pada negara yang berpeluang masuk final dalam sektor olahraga favorit, seperti sepakbola. Sutan menggambarkan, bila negara yang selama ini menjadi pasar terbesar pariwisata nasional seperti Cina, Malaysia, dan Singapura bertanding di laga final, maka jumlah wisman dapat bertambah.

“Dengan perkiraan jumlah wisman sebesar itu, Asian Games berpotensi mendatangkan devisa yang besar dalam mengerakkan ekonomi  bangsa,” pungkas politisi daerah pemilihan Jambi itu. (R/R09/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)