Lembaga Halal Jerman Luncurkan Program Studi Auditor Online

(Foto: Istimewa)

Moers, Jerman, MINA – Pusat Penelitian Halal Amanah (Amanah HRC) telah meluncurkan program studi auditor halal bersertifikat secara online selama tiga bulan untuk memberi kesempatan kepada para profesional yang telah bekerja di industri makanan dan bagi mereka yang ingin bekerja di industri halal nantinya.

Ashfaq CEO Amanah HRC yang berkantor di Moers Jerman mengatakan, Pusat telah mengembangkan media pembelajaran online bekerjasama dengan perusahaan IT BJ Technologies.

“Media ini memungkinkan peserta terdaftar untuk mengakses sumber belajar setiap hari, kesempatan untuk berinteraksi dengan tutor mereka, menonton video online serta menyelesaikan tugas dan ujian mereka,” kata Ashfaq sebagaimana laporan Halal Focus yang dikutip MINA, Selasa (1/8).

Dia mengatakan, peluncuran sertifikasi Auditor Halal selama tiga bulan dipandang sebagai langkah positif bagi produsen halal utama, eksportir, penyedia logistik, peneliti dan akademisi untuk pengembangan industri Halal.

Ashfaq menyatakan bahwa tujuan peluncuran program studi ini sebagai salah satu penopang pertumbuhan industri halal yang belum pernah terjadi sebelumnya guna menciptakan peluang bagi auditor halal di berbagai segmen industri.

“Sifat terfragmentasi dari industri sertifikasi Halal global mengakibatkan kurangnya keseragaman dalam sertifikasi Halal di seluruh dunia. Program Auditor Halal Bersertifikat kami adalah upaya untuk mengatasi tantangan ini. Kursus Auditor Halal Bersertifikat (CHA) memberikan tingkat pemahaman yang lebih tinggi tentang praktik audit untuk produk Halal,” ujarnya.

Menurut Ashfaq, program ini disusun dengan cermat untuk memberikan kualifikasi profesional kepada auditor dengan memberikan pengetahuan mendalam tentang konsep Halal, penjabaran rinci tentang standar dan prosedur halal.

“Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses audit Halal dengan menggunakan kriteria standar,” tambahnya.

Industri halal global tidak hanya terbatas pada negara-negara Muslim namun negara-negara non-Muslim juga mulai mengembangkan industri bernilai miliaran dolar ini. Meningkatnya minat terhadap industri halal yang menjanjikan, kebutuhan akan produk bersertifikat halal makin meningkat untuk memuaskan konsumen.

Namun, potensi tinggi industri halal global ditopang sumber daya manusia yang mumpuni ditandai dengan kekurangan akut auditor halal yang terampil untuk industri ini.

Pusat Penelitian Halal Amanah (Amanah HRC) adalah sebuah organisasi internasional yang bekerja secara global, memiliki kantor di Pakistan dan Jerman.

Amanah HRC telah menandatangani kerjasama dengan universitas dan perusahaan terkemuka di lebih dari 30 negara seperti Italia, Jerman, Pakistan, Iran, UEA, Malaysia, dan Nigeria.

Amanah HRC berkomitmen untuk mempromosikan industri halal dan menyediakan beragam layanan yang tak tertandingi mencakup bimbingan dan konsultasi, sertifikasi halal, riset dan pengembangan pasar, pendidikan dan pengembangan kapasitas, perancangan strategi dan implementasi, publikasi dan konferensi. (T/R01/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)