Libya Jadi Arena Perang Drone Terbesar di Dunia

Drone Bayraktar TB2 Turki digunakan dalam perang Libya. (Foto: Creative Commons)

Kekuatan udara telah memainkan peran yang semakin penting dalam konflik Libya. Medan gurun yang relatif tidak memiliki fitur di utara dan pantai, membuat unit-unit darat mudah terlihat.

Angkatan Udara dari Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB dan pemberontak yang berpusat di timur, Jenderal Khalifa Haftar bersama Angkatan Darat Nasional Libya (LNA) miliknya, menggunakan jet tempur Perancis dan era Soviet yang kuno dan tidak dirawat dengan baik.

Di saat pesawat tempur berawak telah digunakan, sebagian besar perang udara juga dilakukan oleh kendaraan udara tak berawak (UAV) atau .

Dengan hampir 1.000 serangan udara dilakukan oleh UAV, Perwakilan Khusus PBB untuk Libya Ghassan Salame menyebut konflik itu “ terbesar di dunia”.

UAV bermanfaat karena beberapa alasan. Mereka tidak hanya memberikan informasi berharga tentang musuh yang dapat terlihat jauh, tetapi mereka juga dapat segera menyerang target dengan tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi. Jika drone ditembak jatuh dan dihancurkan, pilot aman, kembali di pangkalan dan drone berikutnya bisa menggantikannya.

Kedatangan drone Wing Loong buatan China tahun 2016 membuat perbedaan signifikan pada kemampuan militer LNA. Pertama kali digunakan dalam pertempuran untuk Derna di Libya timur, drone memiliki dampak yang menentukan sebagai hasil dari pasukan Dewan Syura Mujahidin yang setia kepada Jenderal Haftar.

Drone buatan China ini dioperasikan oleh pilot dari Uni Emirat Arab (UEA) dan diterbangkan dari pangkalan udara Al Khadim di timur, memiliki radius tempur 1.500 km (932 mil), yang berarti mereka dapat mengirimkan rudal yang dipandu dengan presisi dan bom, bisa menyerang daerah mana saja di negara itu.

Drone ini digunakan untuk efek besar dalam pertempuran Tripoli, yang diumumkan Jenderal Haftar pada April 2019 melawan GNA.

GNA, Pasukan pemerintah berulang kali dipukul mundur ke kantong ketika Ibu Kota dikepung oleh LNA.

Untuk semua pembicaraan tentang serangan udara “presisi”, jumlah korban sipil meningkat ketika target berada di daerah perkotaan.

Sekarang ada keraguan bahwa GNA yang diakui PBB, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez Al-Serraj, bisa bertahan lebih lama, meskipun ada dukungan dari Italia dan Qatar.

Wing Loong
Drone Wing-Loong II China.

Intervensi Turki

Namun, peluang LNA semua berubah pada Desember 2019 ketika Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkonfirmasi Turki akan secara tajam meningkatkan dukungan militernya untuk Al-Serraj dan GNA.

Bersama pasukannya, Erdogan mengirim drone bersenjata buatan Turki, yaitu Bayraktar TB2. Lebih kecil dan dengan jangkauan yang jauh lebih pendek daripada Wing Loong, Bayraktar masih mampu melibatkan dan menghancurkan target darat LNA, mengganggu jalur pasokan LNA, dan menyerang pangkalan udara terdekat yang dulunya dianggap aman. Pasukan darat pro-pemerintah sekarang dapat maju dengan perlindungan udara.

Kondisi ini dikombinasikan dengan kedatangan rudal Hawk yang tepat waktu, menjadi bagian di antara sistem pertahanan udara lainnya, membuat pangkalan udara utama GNA di bandara Mitiga Tripoli dapat beroperasi tanpa takut diserang.

Efeknya dramatis ketika GNA meluncurkan serangan balasan dan dalam serangan kilat merebut kota-kota pesisir Surman, Sabratah dan Al-Ajaylat bersama dengan kota perbatasan Al-Assah. Ini diikuti oleh serangan berulang-ulang terhadap pangkalan udara Al-Watiya, yang digunakan pasukan Haftar sebagai titik operasi utama mereka.

Pangkalan udara itu akhirnya direbut kembali pada 18 Mei, sebuah pukulan telak bagi ambisi Haftar di Libya barat karena bukan hanya markas besar LNA di sana, tetapi juga pusat pasokan dan logistiknya.

Unit LNA terpaksa mundur, terutama karena unit pertahanan udara Pantsir S-1 buatan Rusia yang dipasok UEA dihancurkan secara komprehensif, membuat pasukan mundur dengan sedikit atau tidak ada perlindungan dari serangan udara.

Laporan media mengklaim peralatan jamming Turki yang canggih bertanggung jawab untuk membingungkan radar Pantsir, membuatnya rentan terhadap serangan udara dari drone Bayraktar.

Kemajuan lebih jauh ke selatan dan timur Tripoli secara signifikan melonggarkan cengkeraman Haftar di Ibu Kota, karena pasukan yang setia kepadanya terpaksa mundur. Ratusan tentara bayaran dari kontraktor militer Rusia Wagner Group telah dievakuasi dari bandara Bani Walid.

Dalam serangkaian peristiwa yang tidak menyenangkan, Komando Afrika Amerika Serikat mengatakan jet tempur Rusia terbang dari pangkalan udara Khmeimin di Suriah ke fasilitas yang dimiliki LNA di Jufra, di Libya tengah, untuk meningkatkan kemampuan pasukan Haftar dan sekutu mereka. Multirole MiG-29 dan dua pesawat tempur serang Sukhoi Su-24 dikirim bersama dengan pengawalan setidaknya dua jet tempur jarak jauh 4,5-generasi Su-35 canggih, dalam sinyal yang jelas ke Turki dan GNA bahwa kekalahan Haftar seharusnya hanya sebatas itu.

Reaksi AS terhadap hal ini sangat tajam, penerbitan foto satelit merupakan indikasi keprihatinannya.

Jenderal Angkatan Udara AS Jeffrey Harrigian mengatakan, ancaman potensial adalah bahwa Rusia dapat “merebut” pangkalan-pangkalan di pantai Libya dan “mengerahkan kemampuan anti-akses permanen, menciptakan area” yang diciptakan, menjadi kekhawatiran keamanan yang sangat nyata pada sisi selatan Eropa.

Kekuatan udara kadang-kadang dapat mengubah gelombang dalam konflik militer, itu juga telah digunakan di Libya sebagai indikator tingkat ancaman, alat diplomatik, dan peringatan potensi eskalasi jika peristiwa dibiarkan tidak terkendali. (AT/RI-1/P1)

Sumber: tulisan Alex Gatopoulos di Al Jazeera

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.