Lima Pesepakbola Muslim Top dengan Prestasi dan Keislamanya

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling menarik di dunia dengan pemain-pemain yang berasal dari berbagai negara, berbagai benua dan dengan latar belakang agama yang berbeda. Banyak pemain sepak bola Muslim telah berkontribusi untuk sepak bola dunia sampai menjadi pemain elite dunia. Penampilan spektakuler mereka memukau para penggemar.

Keyakinan pribadi seseorang tentu berpengaruh pada seorang pemain pemain sepakbola. Tentu  kepercayaan agama mempengaruhi kehidupan seseorang. Pemain sepak bola Muslim seringkali harus berlatih dan bermain saat bulan Ramadhan, meskipun mereka harus berpuasa di siang hari. Selain itu, beberapa pemain sepak bola Muslim telah menolak untuk mengenakan kaus yang disponsori oleh perusahaan judi. Makin biasa terlihat pemain  Islam berdoa dengan tatacara Islam sebelum pertandingan dimulai. Mohammed Saleh dari Liverpool sujud syukur sesudah mencetak gol.

Namun harus diakui tidak jarang pemain sepak bola Muslim menghadapi pelecehan anti-Muslim dari penggemar dan kadang-kadang bahkan dari rekan pemain atau pelatihnya. Biasanya kalau permainannya tidak sebaik biasanya atau tidak sebaik yang diharapkan. “Saya dipuja sebagai orang Jerman kalau Jerman menang, tapi dituduh sebagai Turki dan Islam kalau Jerman kalah,” kata Mezut Ozil beberapa kali.

Namun, sebagian besar akal sehat berlaku,seperti klub liga Inggris Newcastle United, membangun ruang doa multi-agama di tempat latihan untuk memfasilitasi pemain sepak bola Muslim.

Juara Liga Champion Real Madrid pernah menanggalkan salib pada logonya untuk menghindari mempromosikan agama Kristen di atas Islam, sebagian untuk menyelesaikan kesepakatan 1 miliar dolar dengan sebuah resor wisata di Uni Emirat Arab.

Pada 2012, induk sepakbola dunia FIFA akhirnya mengubah aturannya untuk memungkinkan perempuan mengenakan jilbab di semua tingkat kompetisi.

Banyak pemain terkenal yang masuk Islam, seperti Franck Ribery dan Emanuel Adebayor. Jumlah pemain sepakbola Muslim juga meningkat di banyak liga-liga Eropa. Di Inggris, ada satu pemain Muslim di awal Liga Premier pada tahun 1992. Hingga saat ini lebih dari 50 pemain sepakbola muslim di liga-liga top Eropa.

Lima pesepakbola top muslim dibawah ini telah mencetak prestasi yang membanggakan baik negaranya maupun klubnya khususnya di liga top Eropa serta cerita berbagai praktik keislaman mereka.

  1. Mohammed Salah Ghaly

Lahir 15 Juni 1992. Ia adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Mesir yang bermain sebagai penyerang untuk klub Inggris Liverpool dan tim nasional Mesir. Mohamed Salah menyabet berbagai gelar baik individual maupun bersama klub.

Mohammed Salah juga dikenal bukan hanya seorang Muslim, tetapi juga duta besar Islam yang baik. Karakter kepercayaan agamanya dapat dipahami berdasarkan beberapa lagu sepakbola yang sangat populer di Liverpool.

Berikut adalah beberapa kalimat dari salah satu dari mereka: “Jika dia cukup baik untukmu/Dia cukup baik untukku/Jika dia mencetak beberapa lagi/lalu aku akan menjadi Muslim juga,” dan berakhir dengan kata-kata: “Dia duduk di masjid/itulah tempat yang saya inginkan ”.

Salah meraih gelar Pemain terbaik Liga Primer Inggris Tahun 2017/2018 dan pencetak gol terbanyak dalam satu musim. Salah selalu merayakan golnya dengan melakukan sujud yang merupakan tindakan islami.

2. Zinedine Zidane

Ia adalah salah satu pemain dan pelatih sepak bola terbaik yang pernah dikenal di dunia sepakbola. Ia memenangkan Liga Champions dua kali bersama Real Madrid, dan kemudian berhasil pula sebagai pelatih.

Zidane dikenal sebagai seorang Muslim meskipun ia tidak menunjukkan kepercayaan agamanya di depan umum atau berbicara banyak tentang Islam. Menurut Zidane, dia adalah ‘Muslim yang tidak taat’. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa Zidane sering berdoa sebelum setiap pertandingan.

Pada 2016, Zidane yang berdarah Aljazair, berada di peringkat satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia oleh Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan Yordania yang mencatat: “Karakter sederhananya telah membuatnya disayangi untuk masyarakat luas”. Dia sangat dihormati dan dikagumi karena menjadi seorang Muslim yang berhasil di dunia.

3. Mesut Ozil

Saat ini bermain sebagai gelandang serang untuk Arsenal. Salah satu pesepakbola aktif top Jerman, Mesut Ozil sering terlihat berdoa kepada Allah di lapangan sepakbola. Özil selalu membaca Al-Quran sebelum pertandingan karena dia adalah seorang Muslim yang taat.

Ozil pernah berkata, “Saya selalu melakukan itu sebelum saya pergi [di lapangan]. Saya berdoa dan rekan tim saya tahu bahwa mereka tidak dapat berbicara dengan saya selama periode singkat ini,” demikian dikutip dari www.legit.ng. Sebagai tanda keyakinan agamanya, Özil mengamalkan semua tuntunan Islam.

Suatu ketika, ia divideo sedang mengambil sepotong roti yang dilemparkan kepadanya oleh pendukung lawan saat pertandingan antara Arsenal dan tim Spanyol, Real Madrid yang dilatihnya. Dia mencium dan membersihkan roti sebelum meletakkannya di sisi lapangan. Sikap ini dilakukan sesuai ajaran Islam yang mengajarkan untuk tidak membuang makanan.

4. Karim Benzema

Ia lahir pada 19 Desember 1987. Ia adalah pemain sepak bola profesional Prancis berdarah Aljazair, yang bermain sebagai striker untuk klub Spanyol Real Madrid. Karim Benzema adalah bintang sepak bola lain yang mempraktikkan Islam.

Salah satu pemain sukses, Benzema juga seorang Muslim yang berdoa sebelum pertandingan dan mengikuti semua tuntunan puasa selama Ramadhan.

5. Paul Pogba

Ia adalah pemain sepak bola profesional Prancis yang lahir pada 15 Maret 1993. Paul Pogba dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola paling diminati di dunia. Selain itu, ia dikenal sebagai Muslim yang taat sejak lahir.

Ia baru berusia 24 tahun, tetapi potensi dan bakatnya membuat banyak orang berpikir bahwa akan meraih Ballon d’Or masa depan. Bintang sepak bola ini juga berdoa sebelum pertandingan dan pernah diketahui melakukan umrah di Mekah. (A/Sj/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)