Sembilan Top Pesepakbola Muslim yang Tampil di Piala Dunia 2022

Karim Benzema (foto: istimewa)

Kompetisi Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia akan bertanding dalam event empat tahunan ini, termasuk pesepakbola Muslim.

Tentu sebagai umat Islam yang gemar menonton sepak bola, kehadiran pesepakbola Muslim sangat-sangat ditunggu-tunggu serta menjadi perhatian. Berikut daftar sembilan top pesepakbola Muslim yang berlaga di Piala Dunia tahun ini:

Karim Benzema, Prancis

Benzema memulai karirnya dengan bergabung klub sepakbola Olympique Lyons pada tahun 2005. Saat itu, dirinya berhasil menyumbang tiga gelar juara Ligue 1.

Kemudian berkat penampilannya yang luar biasa bersama klub raksasa Spanyol Real Madrid pada 2021 dan 2022, Benzema dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA dan Ballon d’Or.

Selain itu, tahun ini, Benzema juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Prancis oleh France Football. Penobatan itu merupakan keempat kalinya bagi Benzema yang berdarah Aljazair. 

Ousmane Dembele, Prancis

Dembélé memulai karirnya di Rennes sebelum bergabung dengan Dortmund pada 2016. Dia merupakan anggota timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018 dan UEFA Euro 2020. 

Granit Xhaka, Swiss

Saat ini, Granit Xhaka bermain untuk klub Inggris, Arsenal sebagai gelandang. Dia adalah anggota timnas Swiss yang memenangkan Piala Dunia  U-17 2009. Dirinya debut di level senior pada 2011 dan telah memenangkan lebih dari 90 pertandingan internasionalnya. Piala Dunia kali ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Xhaka. 

Ibrahima Konate, Prancis

Ibrahima Konaté bermain untuk Liverpool dan tim nasional Prancis. Bek tengah itu masuk dalam skuad Piala Dunia setelah baru saja pulih dari cedera bersama The Reds, julukan Liverpool.

Pada 4 Juni 2022, dia menggantikan Raphaël Varane yang cedera untuk di UEFA Nations League. Ia melakukan debut internasional penuhnya pada 10 Juni dengan hasil imbang 1-1 melawan Austria.

Xherdan Shaqiri, Swiss

Xherdan Shaqiri, Pemain Nasional Swiss merupakan seorang gelandang yang membela klub Major League Soccer Chicago Fire. Gelandang hebat dengan kaki kiri ini mendapat pujian atas kecepatannya  di atas rumput hijau.

Ilkay Gundogan, Jerman

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan dipilih untuk memperkuat Jerman di Piala Dunia sekaligus merupakan salah satu anggota penting di tim tersebut setelah tampil di setiap pertandingan Nations League dan bahkan mencetak gol saat lawan Inggris. 

Pemain berusia 32 tahun itu tampil di 62 internasional untuk negaranya dengan mencetak 16 gol dan dia berharap dapat mencetak gol di Piala Dunia pertamanya.

Haris Seferovic, Swiss

Haris Seferovic adalah striker Süper Lig Galatasaray dengan status pinjaman dari Portugal Benfica. 

Dijuluki sebagai salah satu talenta terbaik Swiss, dirinya terpilih untuk mewakili Swiss di  Euro 2016 serta Piala Dunia FIFA 2014, 2018, dan 2022.

Youssouf Fofana, Prancis

Youssouf Fofana adalah gelandang timnas Prancis sekaligus klub Monaco. Dia adalah pemain internasional muda yang tampil dari level U-19 hingga U-21. Pada 15 September 2022, Fofana menerima panggilan pertamanya untuk memperkuat timnas Prancis dalam dua pertandingan UEFA Nations League dan di bulan November, ia resmi menjadi salah satu anggota tim negaranya yang bertanding di Piala Dunia 2022.

Antonio Rudiger, Jerman

Bek internasional Jerman itu baru saja menjadi pemain Real Madrid musim panas lalu dan  telah beradaptasi dengan cukup baik. Rudiger adalah seorang Muslim yang taat. Dirinya sering berbicara tentang rasisme dalam sepak bola, bahkan menulis artikel untuk The Players’ Tribune dengan judul  This Article Will Not Solve Racism in Football (Artikel Ini Tidak Akan Menyelesaikan Masalah Rasisme dalam Sepak Bola). (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)