LPPOM MUI LUNCURKAN PROGRAM QR CODE BAGI RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim (Foto: Chamid/MINA)
Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim (Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, 22 Rabi’ul Awwal 1436/13 Januari 2015 (MINA)– Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI pada acara Tasyakur Milad Ke-26 meluncurkan program baru yaitu QR Code untuk restoran yang sudah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI.

Beberapa program layanan baru yang juga diluncurka oleh LPPOM MUI adalah penerbitan dua buku HAS (Halal Assurance System), penerbitan buku Kumpulan Fatwa MUI dalam Bidang Pangan, Obat-obatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan peluncuran website versi baru serta Olympiade Halal 2015.

“Sebagai lembaga yang melayani umat, LPPOM MUI senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada konstituennya, termasuk memberikan jaminan atas ketersediaan produk halal,” kata Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim di Kantor LPPOM MUI, Jakarta, Selasa sore.

Lukman juga mengatakan, di sisi lain, posisi produsen, baik yang sudah bersertifikat halal maupun yang baru mendaftar atau sedang dalam proses pun tidak boleh dilupakan. Perusahaan tersebut harus diperlakukan sebagai klien yang mendapatkan pelayanan terbaik, dengan tetap memegang prinsip strict (ketat), logic (logis), dan transparent (transparan).

Layanan QR (Quick Respons) Code digunakan khusus restoran yang sudah bersertifikat halal. program berbasis nomor kode yang unik untuk setiap oulet restoran, kode ini yang dijadikan dasar untuk membuat QR Code Restoran Bersertifikat Halal MUI.

Dengan menggunakan QR Code scanner yang sudah di-instal di ponsel pintar (smartphone) masing-masing, pengunjung bisa melakukan scanning (pemindaian) QR Code yang dipajang di gerai- gerai resto bersertifikat halal.

Hasil pemindaian akan memunculkan informasi nomor sertifikat, nama outlet, masa berlaku sertifikat halal dan nama perusahaan pemilik restoran. Dengan demikian keotentikan klaim restoran halal dapat diverifikasi sendiri oleh pengunjung dengan adanya QR Code tersebut.

Hasil scan QR Code akan terkoneksi ke data center LPPOM MUI melalui jaringan internet. System ini berfungsi untuk memastikan bahwa resto yang mengklaim halal, telah benar-benar bersertifikat halal MUI, bukan halal versi klaim sepihak dari pengelola resto.

Sedangkan buku Kumpulan Fatwa MUI dalam Bidang Pangan, Obat-obatan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, berisi kumpulan fatwa MUI dari tahun 1975 hingga tahun 2014 mengenai produk halal dan diharapkan dapat menjadi referensi dan kajian dalam perkembangan produk halal di Indonesia.

“Selain diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, buku ini insya Allah akan diterbitkan juga dalam Bahasa Arab,” kata Lukman.

Program lain yang juga akan diluncurkan LPPOM MUI pada acara Milad 26 tahun ini adalah Olimpiade Halal. Setelah sukses pada Olimpiade Halal 2014 yang diikuti oleh 2.964 siswa-siswi S MA/Sederajat di 28 Provinsi di Indonesia, kini LPPOM MUI kembali menggelar Olimpiade Halal 2015, yang dibuka pendaftarannya mulai 20 januari 2015, di www.halolppommui.org. (L/P010/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0