LSM YAMAN: 3.512 TEWAS SELAMA SERANGAN KOALISI ARAB

Petugas medis kemanusiaan sedang mengevakuasi korban tewas dalam perang di Yaman. (Foto: AA)
Petugas medis kemanusiaan sedang mengevakuasi tewas dalam perang di Yaman. (Foto: AA)

Sanaa, 9 Rajab 1436/28 April 2015 (MINA) – Sebanyak 3.512 orang telah tewas oleh kampanye serangan udara koalisi negara Arab pimpinan Arab Saudi terhadap kelompok milisi Houthi di Yaman, sebuah LSM Yaman mengatakan, Senin (27/4).

LSM Freedom House untuk Anti-Korupsi dan Pertahanan Hak dan Kebebasan mengatakan, sebanyak 492 anak-anak dan 209 wanita berada di antara mereka yang tewas oleh serangan, kantor berita Yaman yang dikuasai Houthi melaporkan, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut LSM Yaman, total 6.189 orang telah terluka oleh serangan, termasuk 978 anak-anak dan 713 wanita.

Organisasi pro-Houthi itu juga mengatakan, antara 90.000 dan 95.000 keluarga telah mengungsi, 4.898 rumah rusak selama satu bulan pemboman udara Arab Saudi dan sekutunya.

Yaman secara umum berada dalam kekacauan sejak 2011, ketika pemberontakan rakyat memaksa mantan Presiden Ali Abdullah Saleh mundur setahun kemudian.

Sekitar sebulan lalu, Arab Saudi dan beberapa negara Arab lainnya meluncurkan kampanye serangan udara terhadap kelompok Syiah Houthi di Yaman.

Riyadh mengatakan, serangan itu menanggapi permintaan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi untuk melawan milisi Houthi dan sekutunya yang menyerbu ibu kota Sanaa akhir tahun lalu sebelum menyebar ke provinsi lain. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0