LTTQ Masjid Fathullah UIN Jakarta Gelar Olimpiade Qur’an Se-Indonesia Jilid 2

(Foto: LTTQ )

 

Jakarta, 1 Jumadil Akhir 1438/28 Februari 2017 (MINA) – Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan mengadakan Olimpiade Qur’an Jilid 2 antar santri seluruh pesantren se-Indonesia pada 21-23 April 2017.

Ketua Pelaksana, Aldi Syarifullah mengatakan, Olimpiade Qur’an kali ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, yang sebelumnya telah diselenggarakan Olimpiade Qur’an se-Indonesia Jilid 1 pada tahun 2014 lalu.

“Olimpiade Qur’an Jilid 2 ini bertujuan untuk memfasilitasi para santri guna menampilkan bakat kemampuannya dalam menghafal dan mengkaji Al-Qur’an. Olimpiade sebelumnya kami mempersembahkan untuk para mahasiswa, nah kali ini kami siapkan untuk seluruh santri se-Indonesia,” kata Aldi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (28/2) siang.

Dia mengharapkan pada kegiatan perlombaan tingkat nasional yang akan diikuti oleh santri dari pondok dengan tema “Meraih Cita, Menggapai Cinta Bersama Al-Qur’an“ ini dapat meningkatkan kecintaan anak-anak muda Indonesia kepada Al-Qur’an.

“Harapan saya, semoga dengan adanya Olimpiade Qur’an Jilid 2 ini, anak-anak muda sekarang dapat lebih cinta terhadap Al-Qur’an dan lebih semangat untuk menghafalnya,” ujarnya.

Aldi juga menjelaskan, perhelatan akbar ini memperebutkan penghargaan berjumlah total puluhan juta rupiah, dengan hadiah utama berupa Paket Umrah.

Cabang perlombaan yang ditawarkan adalah Olimpiade Hifzhil Qur’an (OHQ) 30 Juz, Olimpiade Hifzhil Qur’an (OHQ) 15 Juz, Olimpiade Tilawatil Qur’an (OTQ) Putra, Olimpiade Tilawatil Qur’an (OTQ) Putri, Olimpiade Fahmil Qur’an (OFQ), Olimpiade Syahril Qur’an (OSQ), dan Olimpiade Khattil Qur’an (OKQ).

Adapun syarat-syarat untul mengikuti Olimpiade Al-Qur’an ini yakni peserta adalah santri yang masih aktif di pesantren, peserta berusia 16-19 tahun, setiap peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba, dan Cabang lomba yang bersifat beregu harus beranggotakan santri yang berasal dari satu pesantren. Khusus untuk peserta Olimpiade Hifzhil Qur’an (OHQ) berusia 15-20 tahun.

Lembaga Tahfizh dan Ta’lim al-Qur’an (LTTQ) adalah salah satu Lembaga yang berada di bawah naungan Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Olimpiade Qur’an se-Indonesia Jilid 2 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang akan diikuti oleh santri dari pondok pesantren se-Indonesia. (L/R09/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.