Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lukman Saifuddin: FKUB Harus Miliki Pemetaan Potensi Konflik Berbasis Agama di Setiap Daerah

Widi Kusnadi - Jumat, 6 November 2020 - 05:34 WIB

Jumat, 6 November 2020 - 05:34 WIB

0 Views

Jakarta, MINA – Menteri Agama periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Forum Kerukunan Ummat Beragama ( FKUB) harus lebih dulu memiliki pemetaan potensi konflik berbasis agama di daerah masing-masing.

“Pemetaan ini diperlukan, untuk melakukan mitigasi sehingga kerukunan dan kedamaian di suatu daerah dapat terwujud,” katanya, dalam materinya terkait moderasi beragama saat Rapat Koordinasi FKUB 2020, di Jakarta. Demikian keterangan yang diterima MINA Jum’at (6/11).

“Jadi FKUB itu jangan seperti pemadam kebakaran yang selama ini dipersepsikan oleh negara atau pemerintah. karena kalau misalnya sudah ada konflik, sudah meletus, sudah muncul, baru FKUB diminta rapat diminta musyawarah. Tidak seperti itu,” ujarnya.

“Kerukunan dan kedamaian itu buah (perilaku beragama). Maka sebelum konflik itu muncul, setiap daerah setiap FKUB di kabupaten kota sudah punya peta potensi konflik yang berlatar belakang agama,” lanjutnya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Ia juga mengatakan, FKUB diharapkan mampu memainkan fungsinya dalam rangka penguatan Moderasi Beragama.

“Maka keberadaan FKUB yang hakikatnya adalah representasi tokoh-tokoh agama, itu menjadi sangat strategis karena fungsi keteladanannya, dalam masyarakat kita yang masih paternalis ini punya pengaruh yang sangat signifikan bagi masyarakat secara umum,” pesannya. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Breaking News
Pendidikan dan IPTEK
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia