MADRASAH ADALAH LABORATORIUM PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Foto: Kemenag
Foto:

Jakarta, 13 Dzulhijjah 1436/26 September 2015 (MINA) – Direktur Pendidikan , M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, madrasah sudah menjadi laboratorium pendidikan anti .

“Penanaman pendidikan anti korupsi telah lama diimplementasikan di madrasah,” kata Nur Kholis di Forum Aksi Bersama Impementasi Pendidikan Anti Korupsi di Gedung ,  beberapa waktu lalu. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Nur Kholis mengatakan, membasmi kejahatan korupsi melalui hukum memang tidaklah cukup. Harus ada tindakan-tindakan antisipatif dan pencegahan yang bersifat jangka panjang.

“Salah satu bentuk pencegahan tersebut bisa dilakukan melalui pendidikan anti korupsi,” kata Nur Kholis.

Menurutnya, madrasah tlah mengajarkan  perilaku sidik (jujur), amanah, fathonah (cerdas), tabliq serta qanaah yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw, merupakan intisari dari pendidikan akhlak mulia yang ditanamkan kepada peserta didik di madrasah.

“Direktorat Pendidikan Madrasah telah menyusun modul pendidikan anti korupsi yang terintegrasi di dalam mata pelajaran akudah akhlak untuk MI, MTs, dan MA,” ujarnya.

Nur Kholis Setiawan juga menyarankan agar kerjasama tersebut terus dikembangkan dengan melibatkan stakeholder pendidikan Islam termasuk Pondok Pesantren dan ormas Islam dalam gerakan anti korupsi.

“Rasanya memang perlu agenda bersama lintas Kementerian dan lembagai sebagai dukungan atau sinergi dalam implementasi pendidikan anti korupsi yang dituangkan di tahun 2016 ke depan. Kita cari format yang paling efektif, sederhana dan mengena,” ungkapnya.

Penamaman pendidikan anti korupsi sejak dini ini diniatkan sebagai ikhtiar bersama dalam menjaga tunas-tunas bangsa agar memiliki integritas yang baik untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Forum tersebut diselenggarakan dalam rangka pencegahan tindakan korupsi melalui pendidikan anti korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Forum Aksi Bersama Impementasi Pendidikan Anti Korupsi di Gedung KPK.

Hadir dalam forum ini adalah unsur KPK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Badan Litbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta perwakilan Kerjasama Indonesia-Jerman. (T/P010/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0