Ma’had Aly An-Nuaimy Selenggarakan Seminar Budaya dan Peradaban

mahad-an-nuaimyJakarta, 24 Rabi’ul Akhir 1437/3 Februari 2016 (MINA) – Ma’had Aly An-Nuaimy akan menyelenggarakan Nasional bertajuk “Dengan Budaya kita bangun Peradaban” di kampus An-Nuaimy Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada 8 Februari 2016 mendatang.

Seminar mengupas dalam sudut pandang fiqih dan realita budaya saat ini, dengan narasumber DR. Taufiqul AzharAl Hulaimi,MA.,M.Ed. (Pakar Ushul Fiqh Nasional) dan DR. Saiful Bahri,MA. (Wakil Ketua MUI Pusat Bidang Budaya).

Seminar merupakan rangkaian sejak 16 Desember lalu, yang dibuka oleh Direktur An-Nuaimy, Itang Rusmana,Lc. Acara diselenggarakan kerjasama dengan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Da’i Digital, Naktub, KPN, dan IMASASI.

Ketua panitia, Ivan Said Afandi mengatakan, acara ini dimaksudkan sebagai usaha menangkal pemahaman-pemahaman yang mendiskreditkan Islam sebagai agama yang intoleran.

“Padahal Islam adalah agama rahmatan lil alamin, bukan agama seperti apa yang mereka tuduhkan” katanya.

Selain sebagai upaya untuk menangkal pemahaman radikal, kata Ivan, seminar dengan sasaran kaum pelajar, mahasiswa, dan tokoh masyarakat itu juga bertujuan memberikan pengetahuan kaitan budaya dengan membangun peradaban madani.

Festival Islam tersebut meliputi berbagai kegiatan di antaranya, parade nasyid bersama komunitas nasyid se-Jabodetabek, pameran kaligrafi, dan bazar serba ada yang diikuti oleh interpreneur muda Indonesia.

Mahad Aly An-Nuaimy adalah lembaga pendidikan Islam swasta didirikan oleh Yayasan An-Nuaimy tahun 2005, yang berkhidmat mengangkat taraf pendidikan anak bangsa.

Pendidikan menitikberatkan pada tiga program beasiswa unggulan, yaitu: program pendidikan formal, program menghafal al-Quran dan program penyebaran Da’i Nusantara.

Hingga tahun 2014, An-Nuaimy telah meluluskan 517 mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru nusantara dan telah mewisuda 110 hafidz Al-Quran. (L/M010/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)