Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma’had SMPIT SMAIT Insan Mandiri Gelar Maulid Nabi

Ali Farkhan Tsani Editor : Widi Kusnadi - 25 detik yang lalu

25 detik yang lalu

0 Views

Ma’had SMPIT SMAIT Insan Mandiri Cibubur menggelar Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Kamis malam (19/9/2024), dengan tema “Membangun Generasi Rabbani dengan Meneladani Akhlak Nabi SAW yang Tepuji”. (Dok Insan Mandiri)

Cibubur, MINA – Ma’had SMPIT SMAIT Insan Mandiri Cibubur menggelar Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Kamis malam (19/9).

Maulid Nabi dihadiri santri-santri Ma’had Khulafaur Rasyidin Tingkat SMP-SMA dengan tema “Membangun Generasi Rabbani dengan Meneladani Akhlak Nabi SAW yang Tepuji”.

Dalam sambutannya, Oni Kelana Ihsan Sujoni, mewakili Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSI), mengharapkan santri-santri dapat mengambil hikmah dari keteladanan Nabi dalam pembelajaran kehidupan.

“Santri-santri harus dapat belajar lebih baik lagi dan memberi manfaat sebanyak mungkin kepada orang lain,” ujar Oni Kelana.

Baca Juga: Dubes Palestina Zuhair Al-Shun Kunjungi Ponpes Mu’alimin Riau

Sementara Duta Al-Quds, Ali Farkhan Tsani, dalam tausiyahnya memaparkan berbagai sisi keteladanan kehidupan Nabi. Dimulai dari kelahiran Nabi yang membawa keberkahan bagi keluarga dan sekitarnya, masa kecil sebagai penggembala kambing yang bermanfaat sebagai latihan leadership, kesabaran dan kepedulian.

Kemudian, lanjutnya, Nabi semasa remaja  ditempa dengan pembelajaran entrepreneurship melalui dunia bisnis.

“Banyak sekali nilai-nilai kehiduan Nabi yang dapat diterapkan untuk pembentukan karakter santri,” lanjut Ali Farkhan, yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA.

Dia juga mengaitkan Maulid dengan perhatian Nabi terhadap kondisi Masjid Al-Aqsa yang saat itu masih dalam kekuasaan Imperium Romawi.

Baca Juga: Jutaan Data NIK dan NPWP Bocor, Jokowi: Mitigasi Secepatnya

“Nabi sangat menganjurkan perjalanan ke Masjid Al-Aqsa, dan karenanya perjalanan ke Al-Aqsa menjadi bagian dari kecintaan kita kepada Nabi. Mengingat saat ini Al-Aqsa dalam cengkeraman zionis, maka menjadi tanggung jawab kita semua untuk membebaskannya,” imbuhnya.

Dia juga menampilkan beberapa video ketabahan, ketegaran dan semangat anak-anak Gaza yang tetap mengaji dan menghafal Al-Quran di tengah reruntuhan bangunan infrastruktur.

Ali Farkhan Tsani yang juga aktif sebagai narasumber Progam Bedah Berita MINA (BBM) di Radio Silaturrahim (Rasil) menguraikan tanda-tanda kekalahan pasukan pendudukan zionis, dari sisi intelejen, militer, ekonomi, dan diplomasi internasional.

Dia juga mendorong santri-santri untuk mengembangkan potensi diri untuk perjuangan Al-Aqsa, di antaranya dengan menumbuhan minat dan bakat membaca dan menulis melalui kegiatan literasi, sesuai dengan perintah “Iqra” ayat yang pertama turun kepada Nabi.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Acara diakhiri dengan pembagian hadiah perlombaan santri dalam rangkaian Maulid Nabi, 16-19 September. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Rekomendasi untuk Anda

Khadijah
Kolom
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health