Mahkamah Agung Saudi Prediksi Hilal Syawwal Tampak Hari Sabtu

Penampakan awal bulan baru (hilal). (Foto: dok. Persis Al-Amin)

Riyadh, 28 Ramadhan 1438/23 Juni 2017 (MINA) – Mahkamah Agung Arab Saudi memperkirakan penampakan awal bulan (hilal) bulan Syawwal terjadi pada hari Sabtu (24/6), seiring masjid-masjid mengatur untuk menampung jemaah salat .

Dalam sebuah pengumuman pada hari Kamis (22/6), Mahkamah Agung mengatakan bahwa siapa pun yang melihat bulan sabit Syawwal dengan mata telanjang atau teropong, harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya, atau ke pusat terdekat untuk memfasilitasi komunikasi dengan pengadilan.

Menurut proyeksi astronomi, ada kemungkinan bulan terlihat pada tanggal 29 Ramadhan yang jatuh pada hari Sabtu (24/6).

Kementerian Urusan Islam mengumumkan bahwa akan dilakukan di masjid, yang akan diumumkan oleh pemerintah. Demikian Arab News memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Di Riyadh, ada sekitar 650 masjid yang ditunjuk untuk tujuan itu.

Pengaturan juga akan dilakukan untuk melakukan salat Idul Fitri di 33 ruang terbuka, termasuk Sulaimaniyah, Deira dan Manfuha, dengan tempat khusus yang dialokasikan untuk wanita.

Departemen Masjid di Kementerian telah menginstruksikan para imam dan mereka yang bertanggung jawab sebagai pemelihara masjid saat Idul Fitri untuk memastikan bahwa semua persiapan, termasuk pasokan tenaga dan air, memadai ketika pelaksanaan.

Perusahaan kontraktor yang memelihara masjid di kota telah diminta untuk membersihkan seluruh area salat di masjid-masjid Idul Fitri dan meletakkan karpet untuk para jemaah.

Rencana darurat telah disiapkan untuk penggunaan masjid besar terdekat jika terjadi hujan di tempat terbuka.

Sementara di Jeddah, pemerintah kota telah melakukan pengaturan di sekitar 280 lokasi di seluruh kota dan pinggiran kota. Ada 225 masjid Idul Fitri. Sekitar 1.000 petugas kebersihan akan ditugaskan ke lokasi untuk memastikan pasokan listrik dan air yang memadai. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.