Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia

Nara, – Mantan Perdana Menteri Jepang , meninggal pada Jumat (8/7) dalam usia 67 tahun, setelah ditembak saat menyampaikan pidato singkat di kota barat Nara dua hari menjelang pemilihan nasional.

Pemimpin terlama Jepang itu ditembak oleh seorang pria berusia 41 tahun yang mendekatinya dari belakang sekitar pukul 11:30, saat dia berbicara di depan Stasiun Yamato-Saidaiji Kereta Api Kintetsu, polisi menambahkan Abe pingsan di tanah setelah terdengar dua tembakan. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit, demikian dikutip dari Kyodo News.

Seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Medis Nara mengatakan saat konferensi pers, Abe dinyatakan meninggal pada pukul 17:03. Lukanya cukup dalam hingga mencapai jantungnya, menambahkan penyebab kematiannya diyakini karena kehilangan darah.

“Ada pendarahan dari berbagai tempat dan tidak bisa dihentikan sama sekali,” kata Dokter Hidetada Fukushima. “Sayangnya, detak jantungnya tidak berlanjut.”

Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara, ditangkap di tempat kejadian karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, kata polisi. Tersangka sebelumnya adalah anggota pasukan bela diri maritim, selama sekitar tiga tahun hingga 2005, menurut sumber-sumber pemerintah.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, setelah kembali ke kantornya di Tokyo dengan helikopter dari Prefektur Yamagata tempat dia berkampanye, mengutuk penembakan mantan pemimpin itu.

“Tindakan biadab yang merenggut nyawa mantan Perdana Menteri Abe selama (berkampanye) pemilihan yang berfungsi sebagai dasar demokrasi tidak boleh ditoleransi,” katanya.

Abe, yang juga merupakan pemimpin lama Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, berada di kota Nara untuk mendukung seorang kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilihan Dewan Penasihat. Ada kerumunan orang yang mendengarkan pidatonya di dekat stasiun kereta api ketika serangan itu terjadi.

Seorang reporter Kyodo News di tempat kejadian melihat penyerang diam-diam mendekati Abe, yang telah berbicara selama beberapa menit, sebelum menembaknya.

Jeritan keras terdengar dari kerumunan dan Abe jatuh ke tanah beberapa detik kemudian. Yamagami segera ditangkap oleh petugas polisi.

Ini adalah kasus penembakan yang jarang terjadi di Jepang, negara yang memiliki peraturan senjata yang ketat. Tidak ada perdana menteri Jepang setelah Perang Dunia II yang tewas.

Senjata yang digunakan oleh penyerang Abe mengeluarkan suara yang bisa dibandingkan dengan ledakan, dan asap putih membubung ke udara setelah dilepaskan. Bau seperti mesiu bisa tercium setelahnya.

Lahir dari keluarga politik terkemuka, Abe menjabat sebagai sekretaris ayahnya, mantan Menteri Luar Negeri Shintaro Abe, sebelum terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 1993.

Dia memiliki tugas singkat sebagai perdana menteri antara tahun 2006 dan 2007 sebelum menduduki jabatan itu lagi pada tahun 2012. Dia mengundurkan diri karena masalah kesehatan setelah hampir delapan tahun. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.