Mantan Wakil Pemimpin al-Shabaab Menyerahkan Diri

Foto: World Bulletin

Mogadishu, , MINA – Mantan wakil pemimpin al-Shabaab Sheikh Mukhtar Robow, yang dikenal sebagai Abu Mansoor, telah menyerahkan dirinya ke Pemerintah Somalia pada hari Ahad (13/8), pihak berwenang mengonfirmasi.

Sebelumnya pada tahun 2013 ia telah menyatakan keluar dari al-Shabaab dan Pemerintah Amerika Serikat telah mengeluarkan namanya dari daftar teroris yang dicari.

Abu Mansoor diambil dari wilayah barat daya Bakol oleh Menteri Pertahanan Somalia Abdirashid Abdullahi, dan wakil komandan Badan Intelijen Nasional (NISA) dan tiba di ibukota Mogadishu pada hari Ahad siang, menurut pihak berwenang.

Media lokal melaporkan bahwa Abu Mansoor berada di rumah milik Ppemerintah Somalia di Mogadishu untuk bertemu dengan Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed dan perdana menteri, World Bulletin melaporkan yang dikutip MINA.

Sedikitnya 19 orang termasuk 13 gerilyawan al-Shabaab tewas setelah kelompok militan tersebut menyerbu di Desa Abal pekan lalu.

Abal adalah basis pertahanan utama Abu Mansoor yang terletak 390 kilometer barat daya Mogadishu, ibu kota Somalia.

Abu Mansoor meninggalkan al-Shabaab pada 2013. Setelah pengumuman resminya tentang itu, Amerika Serikat mengeluarkan namanya dari daftar teroris yang dicari, sebuah langkah yang disambut oleh pemerintah South West State of Somalia. (T/R11/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)