Masjid Istiqlal Direncanakan Mulai Dibuka Juli

Presiden Jokowi saat meninjau progres renovasi Masjid Istiqlal, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (2/6). (Foto: Humas/Oji)

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo mengataikan, Masjid Istiqlal rencananya akan dibuka kembali untuk kegiatan ibadah pada Juli mendatang setelah selesainya renovasi besar-besaran masjid berusia 40 tahun lebih itu..

“Tadi saya mendapatkan informasi dari Profesor Nasaruddin, imam besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal dibuka nanti pada bulan Juli,” ujar Jokowi usai meninjau progres renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/6).

Namun ia menjelaskan, keputusannya tetap nanti di Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar.

Masjid ini diberi nama Istiqlal yang bermakna Kemerdekaan, diberi nama oleh Presiden/Co Proklamator Kemerdekaan Ir. H. Soekarno, inisiator pembangunan masjid ini. Renovasi masjid ini dilaksanakan atas perintah langsung Presiden H.Joko Widodo untuk dilaksanakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga:  Ketua MUI: Ijtima’ Ulama se-Indonesia Akan Bahas Isu Penting

Presiden juga mengingatkan, penyebaran Covid-19 sampai saat ini di tanah air memang belum semua provinsi wilayah bisa dikendalikan, untuk protokol kesehatan harus disiapkan ketika masjid terbesar se-Asia Tenggara itu dibuka.

”Tentu saja juga mulai saat ini tadi saya titip untuk disiapkan protokol-protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal ini semuanya aman dari Covid-19,” ujar Jokowi.

Progres perkembangan renovasi besar Masjid Istiqlal hingga saat ini telah mencapai 90 persen dan rencana selesai pada awal Juli 2020.(R/R5/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf