Masjid Terapung BJ Habibie Akan Jadi Destinasi Wisata Religi Baru di Kota Parepare

Desain Masjid Terapung BJ Habibie terletak tak jauh dari tanggul Pantai Mattirotasi, Parepare, Sulawesi Selatan.(Foto: Bacabuku)

Parepare, MINA – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Masjid Terapung BJ Habibie yang sedang dibangun akan dapat   menampung 1.000 jamaah dan menjadi pendukung sektor wisata religi di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Pembangunan masjid ini menggunakan anggaran reward dana insentif daerah (DID) dan sudah rampung tahap pertamanya,” kata Taufan Pawe kepada pers, Kamis (27/1), mengenai perkembangan pembangunan masjid untuk mengenang Presiden ke-3 RI yang lahir di Kota Parepare tersebut.

Masjid Terapung BJ Habibie berlokasi di Jalan Mattirotasi, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Pembangunan tahap pertama sudah rampung, lanjut dia, tinggal menunggu tahap kedua sebagai penyelesaian akhir.Dijelaskan, pembangunan tahap kedua dengan perpanjangan 50 hari dari awal tahun sementara berproses.

Menurut Taufan, Masjid Terapung BJ Habibie dibangun menjulang setinggi 85 meter tak jauh dari tanggul Pantai Mattirotasi dengan menggunakan 300 tiang pancang yang tingginya bervariasi.

Bangunan induk dapat menampung 700 jamaah dan di pelataran masjid dapat menampung 300 jamaah.

Pembangunan masjid ini itu mendapat perhatian serius, karena di dalamnya bukan hanya terkait hanya keindahan masjid, tapi fungsi masjid sebagaimana mestinya harus terimplementasi dengan baik.

(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)