Memperbanyak Empat Bacaan pada Bulan Ramadhan

 

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Mi’raj News Agency (MINA), Da’i Pesantren Al-Fatah Bogor  

Sepanjang bulan , orang-orang beriman dianjurkan memperbanyak membaca Al-Quran dan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah.

Di antara kalimat thayyibah itu, Rasul menganjurkan untuk memperbanyak membaca empat hal, seperti disebutkan di dalam hadits riwayat Ibnu Khuzaimah di dalam Shahihnya.

Empat perkara yang perlu sering dibaca itu adalah:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أّسْأَلُكَ الجَنَّةَ، وأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, ampunilah aku ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-mu dari siksa neraka”.

Adapun isi kandungan empat bacaan dzikir tersebut adalah:

Pertama, Kalimat Tauhid, yang maknanya “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah”, menunjukkan keteguhan jiwa kita terhadap keesaan Allah. Seraya mengakui bahwa tiada hukum, kekuatan, perintah kecuali dari Allah.

Juga menandakan bahwa memang tiada daya dan upaya, apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah. Kita hanyalah manusia biasa yang lemah tak berdaya. Tak berhak sombong sedikitpun.

Kedua, Kalimat Istighfar, yang artinya “Aku memohon ampun kepada Allah”, menunjukkan pasrah kita atas segala dosa dan maksiat selama ini. Seraya berharap Allah berkenan mengampuninya pada bulan Ramadhan ini. Lebih-lebih menjelang akhir Ramadhan yang tinggal beberapa saat lagi.

Ketiga, Memohon akan surga. Bermakna kita sangat beharap akan surga Allah yang penuh dengan kenikmatan abadi. Sebuah ganjaran atas amal sholih hamba-hamba-Nya yang diterima di sisi-Nya.   

Keempat, Berlindung dari api neraka. Sebuah pengharapan betapa kita tidak akan sanggup menghadapi siksa api neraka.  

Sudah sepatutnya kita dapat melazimkan utama pada bulan Ramadhan tersebut dengan penuh keimanan, kekhusyuan, dan pengharapan akan ridha Allah. Aamiin Yaa Rabb. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0