Mendikbud Ingin Pendidikan Indonesia seperti Liga Inggris

Jakarta, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan () RI Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya ingin menjadikan pendidikan Indonesia berkualitas dan bersaing sehat secara merata seperti .

Hal itu disampaikan Mendikbud Muhadjir saat menjadi salah satu pembicara pada Forum Merdeka Barat 9 (FMB) bertema “Zonasi Sekolah untuk Pemerataan” di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Jakarta, Rabu (18/7).

“Pendidikan Indonesia seharusnya seperti kualitas Liga Inggris, dimana klub debutan seperti Leicester bisa tiba-tiba menjadi juara. Saya kira ini sangat bagus dan sehat ketimbang liga-liga lain,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menegaskan, penerapan Zonasi Sekolah adalah ditujukan untuk menjadikan pendidikan Indonesia menjadi lebih berkualitas. Tidak ada lagi pemusatan sekolah unggulan dan non unggulan.

“Kalau kita lihat di liga lain seperti Liga Spanyol misalnya, kandidat juara unggulan kalau nggak Real Madrid ya Barcelona, kadang-kadang Atletico Madrid. Ini jadi ada yang kurang,” katanya.

Secara umum, menurut Muhadjir, penerapan Zonasi Sekolah yang akan berlaku mulai tahun depan ini memiliki lima tujuan. Pertama adalah untuk peningkatkan akses pendidikan pada kelompok rentan.

“Ini sesuai dengan PP 66 Tahun 2010. Sebenarnya bukan keinginan Kemendikbud, tetapi memang sudah ada aturannya,” katanya.

Muhadjir melanjutkan, untuk tujuan kedua adalah untuk meningkatkan keragaman peserta didik di suatu sekolah.

“Jadi nanti tidak ada lagi satu sekolah siswanya orang kaya semua, sementara sekolah lain siswanya dari kalangan bawah semua. Jadi nanti lebih merata,” katanya.

Tujuan ketiga, kata Muhadjir, adalah untuk mencegah penumpukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, baik dari tenaga didik maupun peserta didik, di suatu wilayah.

“Jika melihat fenomena sekarang, peserta didik maupun tenaga pengajar berkualitas masih berkumpul pada suatu wilayah, sementara di wilayah lain banyak ditemukan di sekolah-sekolah banyak siswa buangan dari sekolah unggulan,” katanya.

Muhajdir melanjutkan, tujuan keempat adalah untuk mendorong pemerintah daerah (pemda) dalam pemerataan kualitas pendidikan.

“Banyak yang komplain ke saya soal kekurangan bangunan. Ketika saya datangi, ternyata bukan kekurangan gedung tetapi kelebihan guru. Padahal di tempat yang sama masih ditemukan sekolah yang kekurangan guru. Ini masih ditemukan di seluruh Indonesia,” paparnya.

Terakhir, kata Mendikbud, adalah untuk membantu pemerintah dalam memberikan bantuan yang lebih tepat sasaran.

“Secara khusus ini membantu pemerintah untuk lebih memfokuskan mana sekolah yang perlu diberikan bantuan, tidak seperti sekarang yang masih memberikan bantuan ke semua sekolah tanpa melihat kondisi sekolah itu,” katanya. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.