Mendikbud Sebut Joni Model Anak Berjiwa Nasionalis di Zaman Now

Jakarta, MINA – Menteri dan Kebudayaan (), Muhadjir Effendy menyebut (akrab disebut ) sebagai model anak yang mempuanyai jiwa nasionalis di zaman now.

Joni (14) pelajar asal SMPN 1 Silawan Motaain, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi perbincangan setelah aksinya memanjat tiang bendera setinggi 20 meter lebih saat upacara HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT.

“Saya sangat mengapresisasi tindakan nekat Joni. Saya kira ini menjadi contoh pendidikan karakter yang berhasil. Terimakasih kepada Joni telah menjadi model di zaman now yang mempunyai jiwa nasionalisme,” kata Muhadjir saat menerima kunjungan Joni di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (20/8).

Baca Juga:  Kabupaten Lampung Timur Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

Lebih lanjut, ia menyatakan secara simbolik yang dilakukan Joni persis dengan peristiwa 10 November (1945) lalu. Saat itu, ada anak muda yang inisiatif manjat bendera untuk merobek salah satu warna bendera sehingga menjadi merah putih.

“Maknanya hampir sama. Ketika ada bendera merah, putih dan biru. Kemudian pemuda itu menyobek birunya. Jadi dikibarkan Merah Putihnya. Aksi Joni mirip itu dengan seting peristiwa yang berbeda. Kalau dulu dalam upaya merebut kemerdekaan, dan mempertahankan Merah Putih. Kalau ini semangat mengibarkan kembali Merah Putih agar menjadi bendera negara yang lebih maju,” jelasnya.

Pada kunjungannya, Joni mendapat banyak pujian dari Mendikbud, selain itu juga Mendikbud memberikan hadiah untuk kebutuhan sekolah seperti, sepatu, seragam, laptop, hingga beasiswa sampai tamat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca Juga:  Komisi V DPRD Prov Lampung Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

“Kita beri beasiswa sampai tamat SMA. Setelah lulus SMA beasiswanya beda lagi bukan dari Kemendikbud. Pokoknya yang penting dia sukses,” tambahnya. (L/R10/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.