PULUHAN ORANG TEWAS DALAM PERINGATAN REVOLUSI MESIR

Polisi Mesir menahan demonstran pendukung presiden terguling Muhammad Mursi di Kairo, Ahad, 25 Januari 2015. Foto: Reuters
Polisi menahan demonstran pendukung presiden terguling Muhammad di , Ahad, 25 Januari 2015. Foto: Reuters

Kairo, 4 Rabi’ul Akhir 1436/25 Januari 2015 (MINA) – Setidaknya sebelas orang meninggal dalam pawai perayaan Mesir yang diperingati tiap 25 Januari di negeri piramid itu.

Ddiperkirakan korban akan terus bertambah, Kementerian Kesehatan mengumumkan, Ahad.

“Dua warga tewas di provinsi Beheira, dua orang di distrik Matariya di Kairo dan satu di provinsi Alexandria, sementara lokasi dari enam korban lainnya belum diketahui,” kata pejabat Kementerian Kesehatan, Khaled El-Khateeb, sebagaimana dikutip Ahram online dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kementerian itu juga mengatakan setidaknya 30 orang terluka dalam bentrokan pada peringatan revolusi ini.

Dilaporkan juga, lima orang polisi terluka dalam  sebuah kerusuhan, kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Hani Abdul Latif, tanpa memaparkan lokasi kejadian.

Sejumlah kelompok pemuda yang berafiliasi pada “Aliansi Nasional untuk Mendukung Legitimasi” telah menyerukan protes damai di pusat kota Kairo.

Sementara itu, “Gerakan Pemuda 6 April”, yang sebelumnya mendukung pemerintah setelah penggulingan Presiden Mursi di Mesir, kini berbalik arah menyerukan protes serupa pada Presiden Sisi di sejumlah titik di pusat kota.  Setelah berubah haluan dukungannya, aktivitas gerakan ini dilarang pemerintah pada April tahun lalu.

Sementara itu, pasukan keamanan telah membubarkan protes sekitar 100 orang pendukung Presiden Abdel Fattah di pusat kota Kairo.  Tidak ada yang ditangkap dalam aksi protes ini.

Sebelumnya pada hari yang sama, sepuluh orang demonstran yang memegang foto presiden terguling Mursi ditangkap di alun-alun yang sama.

Pasukan keamanan dikerahkan ke jalan-jalan dan lokasi titik berkumpulnya aktivis-aktivis  revolusi yang menggulingkan rezim Husni pada 2011 silam. (T/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0