MENJAGA LISAN

berkata-baik-atau-diam

Oleh: Rendy Setiawan, wartawan kantor berita Islam Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Menjaga Lisan (ongkyo)
(ongkyo)

Lisan adalah alat komunikasi unik yang dijumpai pada manusia untuk mengeluarkan kata-kata yang diturunkan dari kosakata skala besar (kurang lebih 10.000 kosakata) bersama-sama dengan berbagai macam nama yang diucapkan melalui atau menggunakan organ mulut.

Kata-kata yang terucap tersambung menjadi untaian frasa dan kalimat yang dikelompokkan secara sintaktis. Kosa kata dan sintaks yang digunakan, bersama-sama dengan bunyi bahasa yang digunakannya membentuk jati diri bahasa tersebut sebagai bahasa alami.

Karena begitu urgent nya pekara mengenai lisan ini bagi kehidupan seseorang, maka Islam memiliki aturan sendiri terhadap umatnya untuk senantiasa berlaku baik dan bertutur kata yang lembut.

Pada 14 abad yang lalu, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wassallam mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga lisannya. Ini dimaksudkan supaya umat muslim terhindar dari perbuatan keji yang bisa menyakiti saudaranya.

Rasulullah bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ุŒ ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู„ููŠูŽุตู’ู…ูุชู’

Artinya:โ€œBarang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka berkatalah yang baik atau ( jika tidak mampu) hendaklah ia diam…โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim)

Kalimat โ€œbarang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhiratโ€, maksudnya adalah barang siapa beriman dengan keimanan yang sempurna, yang (keimanannya itu) menyelamatkannya dari adzab Allah dan membawanya mendapatkan ridha Allah, โ€œmaka hendaklah ia berkata baik atau diamโ€ karena orang yang beriman kepada Allah dengan sebenar-benarnya tentu dia takut kepada ancaman-Nya, mengharapkan pahala-Nya, bersungguh-sungguh melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan-Nya.

Menurut lmam lbnu Daqiq al-Iโ€™ed ketika menerangkan sabda Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam, โ€œMaka hendaklah ia berkata baik atau diamโ€, menunjukkan bahwa perkatan yang baik itu lebih utama daripada diam, dan diam itu lebih utama daripada berkata buruk. Demikian itu karena Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa Sallam dalam sabdanya menggunakan kata-kata โ€œhendaklah untuk berkata benarโ€ didahulukan dari perkataan โ€œdiamโ€.

Shaikh Muhammad ibnu Shalih al-โ€˜Utsaimin mengatakan, barang siapa memahami perkara ini dan beriman kepada Allah dengan keimanan yang sungguh-sungguh, maka Allah akan memelihara lidahnya sehingga dia tidak akan berkata kecuali perkataan yang baik atau diam.

Sebagian ulama berkata: Seluruh adab yang baik itu bersumber pada empat Hadits, antara lain adalah Hadits โ€œbarang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam.

Sebagian ulama yang lainnya memaknai hadits ini dengan pengertian, โ€œApabila seseorang ingin berkata, maka jika yang ia katakan itu baik lagi benar, dia diberi pahala. Oleh karena itu, ia mengatakan hal yang baik itu. Jika tidak, hendaklah dia menahan diri, baik perkataan itu hukumnya haram, makruh, atau mubah.โ€

Dalam hal ini maka perkataan yang mubah diperintahkan untuk ditinggalkan atau dianjurkan untuk dijauhi karena takut terjerumus kepada yang haram atau makruh dan seringkali hal semacam inilah yang banyak terjadi pada manusia.

Ucapan yang baik akan membuahkan keutamaan, yaitu Allah akan mengangkat derajatnya. Ini sebagaimana yang dijanjikan oleh Rasulullah dalamย haditsย dari jalur Abdurahman bin Shakhr.

Rasulullah bersabda,

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูŽ ู„ูŽูŠูŽุชูŽูƒูŽู„ูŽู‘ู…ู ุจูุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูุถู’ูˆูŽุงู†ู ุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูู„ู’ู‚ููŠ ู„ูŽู‡ูŽุง ุจูŽุงู„ุงู‹ ูŠูŽุฑู’ููŽุนูู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ุจูู‡ูŽุง ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุงุชู

Artinya:”โ€œSungguh, seseorang mengucapkan sebuah perkataan yang termasuk ucapan yang diridhai oleh Allah yang dia tidak menaruh perhatian pada ucapan itu, ternyata dengan ucapan itu Allah l mengangkatnya beberapa derajat.”ย (H.R. Tirmidzi)

Berkata yang diridhai oleh Allahย dalam Hadits ini mencakup menyampaikan ajaran Allah dan rasul-Nya serta memberikan pengajaran kepada kaum muslim, amar maโ€™ruf dan nahi mungkar berdasarkan ilmu, mendamaikan orang yang berselisih, berkata yang baik kepada orang lain.

Selain itu, lisan juga merupakan kunci dari setiap pokok amalan Islam.

Rasulullah bersabda,

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู„ูŽุง ุฃูุฎู’ุจูุฑููƒูŽ ุจูุฑูŽุฃู’ุณู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ู ูˆูŽุนูŽู…ููˆุฏูู‡ู ูˆูŽุฐูุฑู’ูˆูŽุฉู ุณูŽู†ูŽุงู…ูู‡ู ู‚ูู„ู’ุชู ุจูŽู„ูŽู‰ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ูˆูŽุนูŽู…ููˆุฏูู‡ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุฐูุฑู’ูˆูŽุฉู ุณูŽู†ูŽุงู…ูู‡ู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู„ูŽุง ุฃูุฎู’ุจูุฑููƒูŽ ุจูู…ูŽู„ูŽุงูƒู ุฐูŽู„ููƒูŽ ูƒูู„ู‘ูู‡ู ู‚ูู„ู’ุชู ุจูŽู„ูŽู‰ ูŠูŽุงุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ููŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจูู„ูุณูŽุงู†ูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒููู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ููŽู‚ูู„ู’ุชู ูŠูŽุง ู†ูŽุจููŠู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ู„ูŽู…ูุคูŽุงุฎูŽุฐููˆู†ูŽ ุจูู…ูŽุง ู†ูŽุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽู…ู ุจูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุซูŽูƒูู„ูŽุชู’ูƒูŽ ุฃูู…ู‘ููƒูŽ ูˆูŽู‡ูŽู„ู’ ูŠูŽูƒูุจู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูุฌููˆู‡ูู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ูŽุงุฎูุฑูู‡ูู…ู’ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุญูŽุตูŽุงุฆูุฏู ุฃูŽู„ู’ุณูู†ูŽุชูู‡ูู…ู’

Artinya: โ€œ…Rasulullah bersabda: Maukah bila aku beritahukan kepadamu pokok amal tiang-tiangnya dan puncak-puncaknya?โ€ Aku menjawab : โ€œYa, wahai Rasulullahโ€. Rasulullah bersabda : โ€œPokok amal adalah Islam, tiang-tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihadโ€. Kemudian beliau bersabda : โ€œMaukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci semua perkara itu?โ€ Jawabku : โ€œYa, wahai Rasulullahโ€. Maka beliau memegang lidahnya dan bersabda : โ€œJagalah iniโ€. Aku bertanya : โ€œWahai Rasulullah, apakah kami dituntut (disiksa) karena apa yang kami katakan?โ€ Maka beliau bersabda : โ€œSemoga engkau selamat. Adakah yang menjadikan orang menyungkurkan mukanya (atau ada yang meriwayatkan batang hidungnya) di dalam neraka, selain ucapan lidah mereka?โ€ (H.R. Timidzi)

Kemudian yang terpenting dari semuanya itu ialah mengendalikan gerak-gerik seluruh anggota badannya karena kelak dia akan dimintai tanggung jawab atas perbuatan semua anggota badannya.

Sebagaimana tersebut pada firman Allah :

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุณูŽู‘ู…ู’ุนูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุตูŽุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููุคูŽุงุฏูŽ ูƒูู„ูู‘ ุฃููˆู„ูŽุฆููƒูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ู…ูŽุณู’ุฆููˆู„ุง

Artinya:โ€œSesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya kelak pasti akan dimintai tanggung jawabnyaโ€. (Q.S. Al Israaโ€™ [17] : 36)

Dan juga firman Allah,

ู…ูŽุง ูŠูŽู„ู’ููุธู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฅูู„ุง ู„ูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽู‚ููŠุจูŒ ุนูŽุชููŠุฏูŒ

Artinya:โ€œApapun kata yang terucap pasti disaksikan oleh Raqib dan โ€˜Atidโ€. (Q.S. Qaff [50]: 18)

Para ulama berbeda pendapat, apakah semua yang diucapkan manusia itu dicatat oleh malaikat, sekalipun hal itu mubah ataukah tidak dicatat kecuali perkataan yang akan memperoleh pahala atau siksa.

Ibnu โ€˜Abbas memakaiย pendapat yang kedua. Menurut pendapat ini maka ayat di atas berlaku khusus, yaitu pada setiap perkataan yang diucapkan seseorang yang berakibat orang tersebut mendapat pembalasan.

Bahaya Lisan

Bahaya lisan itu sangat banyak. Rasulullah jauh-jauh hari mengingatkan tentang bahaya lisan yang dapat menjerumuskan manusia kedalam api neraka.

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda,

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูŽ ู„ูŽูŠูŽุชูŽูƒูŽู„ูŽู‘ู…ู ุจูุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฑูŽู‰ ุจูู‡ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณู‹ุง ูŠูŽู‡ู’ูˆููŠ ุจูู‡ูŽุง ุณูŽุจู’ุนููŠู’ู†ูŽ ุฎูŽุฑููŠู’ูู‹ุง ููู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู

Artinya:โ€œ Sesungguhnya seseorang mengatakan satu ucapan yang dia tidak menganggapnya sebagai ucapan jelek, namun ternyata dengan ucapannya itu dia terjerumus selama tujuh puluh tahun di dalam neraka.โ€ (H.R. Tirmidzi)

Selain bahaya tersebut diatas, orang yang tidak menjaga lisannya dengan baik, entah itu dengan mencela, menghina sesama manusia, lebih-lebih dia mencela seorang muslim, maka dia telah berbuat fasik sebagai sabda Rasulullah,

ุณูุจูŽุงุจู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ููุณููˆู’ู‚ูŒ ูˆูŽู‚ูุชูŽุงู„ูู‡ู ูƒููู’ุฑูŒ

Artinya:โ€œmencela seorang muslim adalah perbuatan fasik dan memeranginya adalah kekafiran.โ€ (H.R. Bukhari)

Kemudian juga perlu diketahui, seorang muslim tidaklah diajarkan untuk mencela sesama manusia,

Rasulullah bersabda,

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ุทูŽู‘ุนูŽู‘ุงู†ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ุนูŽู‘ุงู†ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ููŽุงุญูุดู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฐููŠุกู

Artinya:โ€œSeorang mukmin itu bukanlah orang yang suka mencela, suka melaknat, suka berkata keji, dan suka berkata kotor.โ€ (H.R. Tirmidzi)

Apabila kita sudah mengetahui ancaman Rasulullah ini, mestinya kita tak lagi membiarkan orang-orang yang kita sayangi menuai kebinasaan hanya karena tidak menjaga lisannya, wal โ€™iyadzu billah!

Dengan terus memohon kepada Allah, kita arahkan orang-orang terdekat kita untuk terbiasa berkata-kata yang baik dan jauh dari segala macam perkataan jelek.

Dengan begitu, mereka akan dapat menciptakan hubungan baik dengan siapa pun yang bergaul dengan mereka. Rasulullah bersabda,

ย ุฎูŽูŠู’ุฑููƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูุฑู’ุฌูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽูŠูุคู’ู…ูŽู†ู ุดูŽุฑูู‘ู‡ูุŒ ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ูƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ูŠูุฑู’ุฌูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูŽู†ู ุดูŽุฑูู‘ู‡ู

Artinya:โ€œOrang yang terbaik di antara kalian adalah yang bisa diharap kebaikannya dan orang lain merasa aman dari kejelekannya. Adapun orang yang terjelek di antara kalian adalah orang yang tak bisa diharap kebaikannya dan orang lain tak bisa merasa aman dari kejelekannya.โ€(H.R. Tirmidzi)

Dan juga hadits yang lain,

ย ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏูŽ ู„ูŽูŠูŽุชูŽูƒูŽู„ูŽู‘ู…ู ุจูุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุณูŽุฎูŽุทู ุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูู„ู’ู‚ููŠ ู„ูŽู‡ูŽุง ุจูŽุงู„ุงู‹ ูŠูŽู‡ู’ูˆููŠ ุจูู‡ูŽุง ูููŠ ุฌูŽู‡ูŽู†ูŽู‘ู…ูŽ

Artinya:โ€œSungguh, ada pula seorang hamba mengucapkan sebuah perkataan yang termasuk perkataan yang dimurkai oleh Allah l, yang dia tidak menaruh perhatian pada ucapan itu, ternyata dengan ucapan itu dia terjatuh ke dalam neraka Jahannam.โ€(H.R. Bukhari)

Lihat kembali orang-orang yang kita sayangi! Perhatikan dengan baik ucapan yang keluar dari lisan mereka! Segera benahi apa yang salah dari perbincangan mereka. Jangan biarkan mereka tenggelam dalam kesalahan dan kekeliruan. Semoga Allah Taโ€™ala mejaga lisan kita dari perbuatan keji dan munkar.(P011/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0