Menkes Ajak Masyarakat Konsumsi Buah dan Sayur

(dok. Google)

Jakarta, 26 Robi’ul Akhir 1438/25 Januari 2017 (MINA) – Menteri Kesehatan RI () Nila F Moeloek mengajak masyarakat Indonesia banyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk menyeimbangkan gizi di dalam tubuh.

“Saya ingin mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi beragam sayuran dan buah Nusantara yang ada dan banyak tersedia di daerah lokal,” ujar Nila pada Peringatan Hari Gizi Nasional () 2017 di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Dalam acara bertajuk “Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari”, Nila menegaskan pentingnya masyarakat Indonesia mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain sebagai penyeimbang gizi, kata Nila, buah dan sayuran juga berguna untuk menyehatkan tubuh.

“Buah dan sayuran memiliki beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tersebut memiliki fungsi dalam memenuhi asupan nutrisi tubuh sehari-hari agar tubuh senantiasa fit dan sehat,” tegas Nila.

Pada kesempatan itu, Nila juga mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai produk dalam negeri. Menurut Nila, hal itu penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Lebih baik makan buah kesemek dari pada apel impor,” kata Nila.

Nila mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2010, masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahhan. Sementara data Riskesdas tahun 2013, kata Nila, masih ada sebanyak 93,5% penduduk usia di bawah 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran.

“Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang,” demikian Menkes Nila F Moeloek. (L/M07/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.