Menlu AS Akan Berkunjung ke Indonesia

Washington, MINA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan berkunjung ke tiga negara Asia Tenggara pada awal Agustus untuk membahas hubungan bilateral dan masalah-masalah keamanan regional.

Pompeo akan berkunjung ke Malaysia, Singapura dan Indonesia pada 1-5 Agustus.

Di Singapura dia juga akan ambil bagian dalam pertemuan Menteri-menteri Luar Negeri Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Demikian Anadolu Agency melaporkan yang dikutip MINA.

“Pompeo bersama Menlu negara-negara ASEAN akan membahas ancaman keamanan di wilayah, mempromosikan kebijakan berdasarkan aturan, memperkuat komitmen kami untuk bekerja sama dengan wilayah Mekong bawah, dan menyatakan kembali komitmen kami pada negara-negara ASEAN dan sekutu kami di wilayah itu,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert melalui pernyataan pers, Senin (30/7).

Jadwal lengkap Menlu AS adalah ke Kuala Lumpur, Malaysia pada 2-3 Agustus, diikuti dengan kunjungan ke Singapura pada 3-4 Agustus, dan Jakarta, Indonesia pada 4-5 Agustus.

“Di antara topik diskusi yang akan dibicarakannya dengan para pemimpin negara ini adalah “denuklirisasi final dan terverifikasi Korea Utara, menjunjung tinggi aturan di Laut China Selatan dan kontra terorisme,” ujar Nauert. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)